Mitra Kukar Kalahkan Persebaya, Alfredo Persoalkan Gol Kedua

Mitra Kukar Kalahkan Persebaya, Alfredo Persoalkan Gol Kedua
Ekspresi para pemain Persebaya usai pertandingan Liga 1 2018 melawan tim Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, kemarin (29/4). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Mitra Kukar mengalahkan Persebaya dengan skor 3-1 dalam laga Liga 1 2018 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Minggu (29/4) sore.

Kekalahan Persebaya Surabaya ini membuat beban tim berjuluk Green Force itu semakin berat sebelum menjamu rival beratnya, Arema FC, pekan depan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (6/5).

Tidak turun dengan kekuatan terbaik karena banyak pemain absen, Persebaya bermain semampunya dengan pemain seadanya. Bukannya tidak punya peluang membawa pulang angka, Persebaya sempat unggul pemain ketika lawan hanya tampil dengan 10 orang akibat Arif Suyono terkena kartu merah pada menit ke-66.

Memang, ketika itu Persebaya tertinggal 1-2 oleh gol Fernando Rodriguez pada menit ke-35 dan 55, lalu dibalas gol Sidik Saimima (46'). Sayang, keunggulan pemain itu tidak mampu dimaksimalkan. Malah, klub berjuluk Persebaya itu kebobolan oleh gol Dedy Hartono (89').

Padahal, pelatih Mitra Kukar Rafael Berges mengaku anak asuhnya kehilangan ritme setelah diusirnya Arif Suyono. ”Kami sudah unggul. Kami dalam kondisi bagus. Saat itu, saya yakin bisa segera mengakhiri laga. Tapi, kartu merah Arif membuat semua semakin sulit,” jelasnya.

Ternyata, Persebaya gagal memaksimalkannya. Pergantian pemain yang dilakukan juga tidak membuat serangan Persebaya lebih mematikan. Pelatih Angel Alfredo Vera memasukkan Riky Kayame menggantikan Feri Pahabol dan kemudian Rishadi Fauzi menggantikan bek kiri M. Irvan Febrianto.

Situasi itu membuat Mitra Kukar lebih disiplin dan mengambil kesempatan melalui serangan balik. ”Mereka (Mitra Kukar) menumpuk pemain di belakang dan hanya mengandalkan serangan balik. Sedangkan (penyelesaian) kami kurang efektif. Itu yang membuat kami sulit (menyamakan kedudukan),” ujar Alfredo.

Selain daya serang yang tidak mematikan, dalam skema bertahan, jebakan offside yang menjadi andalan Persebaya selama ini tidak efektif dalam mengatasi skema bermain Mitra Kukar. Dampaknya, gol kedua dan ketiga Mitra Kukar tercipta setelah mengelabui jebakan offside Persebaya.

Mitra Kukar mampu mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor telak 3-1 dalamlaga Liga 1 2018 di Stadion Aji Umbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Minggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News