Mitra Kukar vs Persebaya: Terancam Tanpa Ruben Sanadi

Mitra Kukar vs Persebaya: Terancam Tanpa Ruben Sanadi
Pemain Persebaya Ruben Sanadi (tengah). Foto: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Mitra Kukar vs Persebaya Surabaya, sebagai laga pekan keenam Liga 1 2018, akan berlangsung di Stadion Aji Imbut, Minggu (29/4). Skuat Persebaya bakal bertolak ke Tenggarong sore ini.

Namun, dalam latihan rutin Persebaya di lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Rabu (25/4), tidak tampak bek kiri Ruben Sanadi. Pemain 31 tahun itu tidak sedang cedera. Dia bermain penuh saat melawan Sriwijaya FC (22/4). Ruben absen karena berada di Jakarta untuk menemani sang istri melahirkan.

Sejauh ini Ruben belum bisa dipastikan apakah bisa membela Persebaya pada laga melawan Mitra Kukar tersebut. Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera bahkan belum bisa memastikan kapan Ruben kembali. "Saya belum tahu (apakah bisa turun lawan Mitra Kukar)," katanya.

Jika Ruben benar-benar absen, hal itu menjadi masalah bagi pertahanan Persebaya. Mantan pemain Persipura Jayapura itu adalah pilihan tak tergantikan di posisi bek kiri. Ruben selalu menjadi starter dan bermain penuh dalam lima laga Green Force.

Total, pemain berdarah Papua itu sudah bermain selama 450 menit. Menurut catatan statistik Jawa Pos dan Statoskop, Ruben mencatatkan 5 kali umpan kunci (keypass), 11 kali intersep, dan 8 kali sapuan.

Kalaupun Ruben harus absen melawan Mitra Kukar, Alfredo tidak terlalu pusing. "Masih ada (Muhammad) Irvan," kata pelatih asal Argentina itu. Irvan adalah bek kiri reguler Persebaya selama mengarungi Liga 2. Hanya, sejak bermain di liga 1, pemain yang akrab disapa Ambon itu belum sekalipun mendapatkan kesempatan bermain.

Kalau dimainkan saat melawan Mitra Kukar, itu akan menjadi debut Ambon di pentas Liga 1. "Nggak masalah. Saya selalu siap. Saya selalu menganggap setiap pertandingan itu sama," kata pemain 22 tahun jebolan klub internal Indonesia Muda (IM) itu.

Untungnya, bek tengah Andri Muliadi sudah bergabung dalam latihan setelah libur karena menikah. Itu berarti opsi lini belakang bertambah. Mokhamad Syaifuddin yang dalam dua laga terakhir berperan sebagai bek tengah, bisa digeser sebagai bek kiri. Sementara itu, Fandry Imbiri dan Andri Muliadi berduet di jantung pertahanan.

Mitra Kukar vs Persebaya, laga pekan keenam Liga 1 2018 akan berlangsung Minggu (29/4) do Stadion Aji Imbut Tenggarong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News