MKBD AB Tak Sesuai Regulasi

MKBD AB Tak Sesuai Regulasi
MKBD AB Tak Sesuai Regulasi
JAKARTA - Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD)  belum sepenuhnya dipatuhi anggota bursa (AB). Padahal, merujuk regulasi Badan Pengawas pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) terbaru bakal aktif Februari mendatang. Kondisi itu membuat PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak bisa berbuat banyak.

”Berdasar revisi peraturan Bapepam LK Nomor V.D.5 tentang Pemeliharaan dan Pelaporan MKBD, seharusnya AB sudah bisa menerapkannya,” ungkap Eddy Sugito, Direktur Penilaian BEI, di Jakarta, Jumat (9/12).

Eddy menyebut pada awalnya, AB bisa mempergunakan saham-saham yang tercatat BEI dan menikmati diskon 10 persen. Aturan itu kemudian membuat AB membeli sejumlah saham "tidur" untuk memperbesar MKBD. Efeknya, tidak ada perbedaan antara saham likuid dan tidak likud. ”Karena itu, sebagian MKBD AB di bawah ketentuan," imbuh Eddy.

Pada revisi aturan itu, Bapepam tidak lagi menyamakan besaran diskon pada semua saham. Besarannya dilihat dari beberapa faktor, diantaranya fundamental dan likuiditias, serta market profil. Akibatnya terjadi penurunan nilai minimal MBKD pada AB. Nilai minimal AB tetap Rp 25 miliar. ”Hanya cara perhitungannya yang berbeda," jelasnya.

JAKARTA - Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD)  belum sepenuhnya dipatuhi anggota bursa (AB). Padahal, merujuk regulasi Badan Pengawas pasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News