MLH PP Muhammadiyah Cari Solusi Atasi Kerusakan Lingkungan

MLH PP Muhammadiyah Cari Solusi Atasi Kerusakan Lingkungan
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat membuka Rakernas yang disiarkan langsung lewat tvMu Channel di YouTube, Jumat (18/8). Foto tangkapan layar 

jpnn.com, JAKARTA - Kerusakan lingkungan hidup menjadi perhatian dunia seiring dengan pemanasan global dan cuaca ekstrem, termasuk polusi udara yang membawa dampak membahayakan bagi kehidupan manusia.

Anomali akibat kerusakan lingkungan dan perubahan iklim ini menjadi perhatian serius Persyarikatan Muhammadiyah.

Hal itu tampak dalam gerakan mengatasi krisis lingkungan yang dilakukan Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, melalui rapat kerja nasional bertema “Akselerasi Gerakan MLH dalam Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim” di Jakarta, pada 18-20 Agustus 2023.

Tujuannya untuk merumuskan strategi gerakan dalam mengatasi dan memitigasi krisis lingkungan yang terjadi dewasa ini.

"Di sini akan banyak pandangan-pandangan yang bersifat kebijakan, langkah-langkah, dan pandangan keilmuan yang objektif bagaimana menjaga lingkungan hidup kita, baik dalam skala nasional maupun global," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat membuka Rakernas yang disiarkan langsung lewat tvMu Channel di YouTube, Jumat (18/8).

Haedar menyebut pentingnya pendekatan teologis untuk mencegah dan meminimalisir kerusakan lingkungan. Sebab, kerusakan yang terjadi akibat dari ketamakan manusia dalam mengeksploitasi alam.

“Kita sekarang hidup di era antroposen di mana perilaku dan cara berpikir manusia mempengaruhi lingkungan hidup kita sehingga ketika ada banyak kerusakan, kembali pada seberapa jauh kita berkontribusi pada hancurnya ekosistem dan perubahan iklim yang nanti justru akan berbalik pada manusia sendiri baik lahir maupun fisik,” jelasnya.

Lebih lanjut Haedar Nashir menyebutkan meluasnya penemuan ilmu pengetahuan, teknologi dan modernisasi ikut bertanggungjawab dalam kerusakan lingkungan. Kemampuan manusia menemukan seluk beluk alam semesta menjadikan dominasi terhadap bumi, bahkan melakukan eksploitasi besar-besaran. 

Majelis Lingkungan Hidup atau MLH PP Muhammadiyah menggelar rakernas mencari solusi atasi kerusakan lingkungan seiring pemanasan global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News