Mobil Bisa Meledak saat Mengisi Gas?

Mobil Bisa Meledak saat Mengisi Gas?
Ledakan besar. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pesan yang beredar tentang ponsel ini benar-benar menyesat. Pesan itu berbunyi terjadi sebuah ledakan di stasiun pengisian bahan bakar yang disebut-sebut akibat seorang anak bermain ponsel dari dalam mobil yang kacanya terbuka. Padahal, kejadian sebenarnya tak berkaitan dengan ponsel.

''Anak-anak bermain ponsel di mobil, sementara orang tua mengisi bensin di luar. Karena kaca mobil terbuka, uap bahan bakar masuk ke dalam mobil... HARAP INFORMASIKAN KE SETIAP ORANG. JANGAN SAMPAI MAIN HP JIKA SEDANG MENGISI BENSIN...''.

Isi pesan tersebut mungkin tidak salah. Yang jadi salah, pesan itu disebarkan bersama video ledakan mobil.

Ya, pesan tersebut menyertai video ledakan mobil di sebuah stasiun pengisian bahan bakar di Brasil. Video yang diambil dari CCTV itu pernah diulas portal berita The Sun pada 10 April 2017.

Dalam berita itu, tidak disebutkan bahwa ledakan dipicu ponsel. Mobil yang meledak itu berjenis VW SpaceFox.

Ledakan terjadi ketika mobil mengisikan bahan bahan gas. Bukan bahan bakar minyak.

Dikutip dari Daily Mail yang juga menurunkan berita tersebut, menurut Departemen Pemadam Kebakaran Rio de Janeiro, ledakan terjadi karena tekanan yang meningkat di dalam tabung gas.

Petugas menuturkan, menurut Undang-Undang setempat, seharusnya penumpang dan pengemudi berada di luar mobil saat pengisian gas. (gun/c18/fat/jpnn)


Pesan itu menyebut ledakan terjadi ketika mobil mengisikan bahan bahan gas bukan bahan bakar minyak.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News