Mobil Terjebak Kemacetan Panjang? Kamu Harus Segera Lakukan Ini

Mobil Terjebak Kemacetan Panjang? Kamu Harus Segera Lakukan Ini
Ilustrasi kemacetan saat mudik Lebaran. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Banyak pemudik terjebak di kemacetan panjang saat arus balik mudik kemarin, dan itu memengaruhi kondisi kendaraan.

Menurut Ketua Umum Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN) Hermas E. Prabowo, kendaraan yang mengalami kemacetan panjang cenderung memiliki endapan deposit berlebih pada ruang bakar.

“Pada saat kendaraan mengalami kemacetan panjang, biasanya terjadi penumpukan deposit atau sisa pembakaran yang berlebih di ruang bakar. Perlu dilakukan pembersihan ruang bakar saat melakukan servis rutin pasca mudik lebaran,” kata Hermas E. Prabowo.

Sisa pembakaran yang berlebih di ruang bakar, kata dia, dapat memperpendek usia pelumas.

Oleh karena itu, perlu pembersihan yang ekstra dalam ruang bakar untuk menghilangkan deposit tersebut.

Tidak hanya pelumas dan juga ruang bakar yang menjadi korban ketika kendaraan menemukan kondisi yang padat dan dalam waktu yang cukup lama, kampas rem juga harus diberikan perhatian khusus setelah keluar dari jebakan kemacetan.

“Mobil yg terjebak macet dan sering stop and go juga memaksa kampas rem bekerja terus menerus, perlu diwaspadai juga kondisi kampas rem, karena rem sering digunakan,” ujar dia.

Kondisi tersebut, jika tidak ditangani dengan cepat akan memberikan dampak yang tidak baik bagi pemilik maupun kendaraan itu sendiri yang akan memberikan performa tidak baik setelah digunakan kembali.

Menurut Ketua PBOIN Hermas E. Prabowo, kendaraan yang mengalami kemacetan panjang cenderung memiliki endapan deposit berlebih pada ruang bakar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News