Mobil Terperosok, Carlos Sainz Out

Mobil Terperosok, Carlos Sainz Out
Foto : AP
FIAMBALA - Kejutan mewarnai akhir etape ke-12 Reli Dakar 2009. Carlos Sainz yang menjadi pimpinan klasemen kategori mobil sejak etape kedua harus lengser dari posisinya. Bahkan, pereli asal Spanyol itu harus keluar dari persaingan akibat kecelakaan yang didapatkannya dalam etape dari Fiambala menuju La Rioja, Argentina.

Sainz mengalami kecelakaan pada kilometer 79 di antara 253 kilometer rute tahap khusus di etape ke-12. Dalam kecepatan tinggi, mobil Volkswagen Race Touareg 2 yang dikendarainya meluncur ke dalam jurang sedalam 4 meter. Navigator Sainz, Michel Perin, mengalami cedera bahu. Sainz dan Perin diangkut dengan helikopter menuju Fiambala untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Hingga berlangsungnya etape ke-12, Sainz berada di puncak klasemen. Dia unggul jauh dari penghuni urutan kedua, Mark Miller, yang juga memakai Volkswagen Race Touareg 2. Total waktu tempuh Sainz terpaut 27 menit 31 detik dari Miller.

Dengan keunggulan yang cukup jauh itu, gelar juara berada di depan mata Sainz. Dengan menyisakan dua etape lagi, Sainz diperkirakan bakal menjadi juara Reli Dakar. "Tiba-tiba saja ada lubang sedalam 4 meter di depan kami. Kami mendarat dengan atap mobil," terang Sainz kepada Autosport.

FIAMBALA - Kejutan mewarnai akhir etape ke-12 Reli Dakar 2009. Carlos Sainz yang menjadi pimpinan klasemen kategori mobil sejak etape kedua harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News