Mobile Apps BURST B, Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Universitas Bakrie

Mobile Apps BURST B, Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Universitas Bakrie
Universitas Bakrie didukung oleh program Matching Fund dari Kemdikbud-Ristek menghadirkan penelitian berjudul Rancangan Elemen Struktur Bangunan Fasilitas Umum, yang tahan terhadap beban ledakan dan penciptaan Mobile Apps Blast Load (BURST-B). Foto dok Universitas Bakrie

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Bakrie didukung oleh program Matching Fund dari Kemdikbud-Ristek menghadirkan penelitian berjudul Rancangan Elemen Struktur Bangunan Fasilitas Umum, yang tahan terhadap beban ledakan dan penciptaan Mobile Apps Blast Load (BURST-B).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahap sebelumnya, masih ditemukan rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap dampak beban ledakan, yang bekerja pada fasilitas umum yang bisa mengancam keselamatan masyarakat umum.

“Mobile App BURST-B adalah bentuk kontribusi nyata dosen dan mahasiswa Universitas Bakrie yang bermanfaat besar untuk peningkatan keselamatan bangunan publik beserta penggunanya akibat beban ledakan," ujar Dosen Teknik Sipil Universitas Bakrie Fatin Adriati.

Oleh karena itu, melalui program Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian PTS, Universitas Bakrie (Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Sistem Informasi) melaksananakan pengabdian hasil penelitian ini.

Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat akan pentingnya pemahaman mengenai blast load.

"Dalam program ini, mahasiswa akan mendapatkan supervisi dalam menyelesaikan desain teknis, berkoordinasi dengan rekan mahasiswa dalam tim maupun berkoordinasi dengan tim dari mitra kerja sama yang juga merupakan bagian dari pelaksanaan program MBKM dengan skema magang kerja, penelitian dan proyek independen," jelas Fatin.

Dosen yang terlibat juga akan dimanfaatkan kepakarannya oleh mitra kerja sama, melakukan publikasi bersama, serta menghasilkan produk berupa mobile application mengenai blast load (beban ledakan).

Nantinya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat luas mengenai dampak beban ledakan, terhadap fasilitas umum, yang bisa mempengaruhi keselamatan penghuni bangunan atau fasilitas umum tersebut.(chi/jpnn)

Universitas Bakrie didukung oleh program Matching Fund dari Kemdikbud-Ristek menghadirkan penelitian berjudul Rancangan Elemen Struktur Bangunan Fasilitas Umum, yang Tahan Terhadap Beban Ledakan dan penciptaan Mobile Apps Blast Load (BURST-B).


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News