Mobilisasi Pelabuhan Lembar Alami Peningkatan

Mobilisasi Pelabuhan Lembar Alami Peningkatan
Mobilisasi Pelabuhan Lembar Alami Peningkatan

jpnn.com - NTB - Realisasi kinerja PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Pelabuhan Lembar mengagumkan. Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III, Edi Priyanto menuturkan pelabuhan terbesar di Nusa Tenggara Barat itu mampu membukukan kinerja hingga mencapai 292 persen dari target yang telah ditetapkan.

Di samping itu kunjungan kapal baik cruise (kapal penumpang) maupun petikemas juga mengalami lonjakan. "Demikian juga dengan peningkatan arus petikemas menuju Lembar sepanjang tahun 2013 dibanding tahun sebelumnya," ujar Edi melalui keterangan tertulisnya, Minggu (9/2).

Data dari Pelindo III Cabang Lembar untuk arus kunjungan kapal mengalami kenaikan sekitar 14 persen dari ukuran satuan. Pada tahun 2012 kunjungan kapal tercatat 1.903 unit, sedangkan pada tahun 2013 mencapai 2.163 unit.

Untuk ukuran tonase, arus kunjungan kapal mengalami pertumbuhan. Tahun 2012 berat mencapai 2,5 juta Gross Tonnage (GT), sedangkan pada tahun 2013 naik menjadi 4,3 juta GT atau naik sekitar 72 persen.

"Data tersebut menunjukkan geliat ekonomi di Nusa Tenggara Barat (NTB) cukup pesat. Beberapa komoditi seperti sembilan bahan pokok menjadi kebutuhan utama. Demikian juga dengan masuknya semen dari tanah Jawa menjadi bukti pembangunan infrastruktur cukup cepat didaerah tersebut," terangnya.

Selain itu komoditi atau arus barang juga mengalami pertumbuhan sekitar 34 persen pada tahun 2013. "Itu artinya Lembar menjadi pintu masuk perdagangan untuk kota-kota di sekitarnya,” kata Edi.

Sementara untuk mayoritas arus barang yang masuk ke NTB rata-rata adalah kebutuhan pokok masyarakat. Untuk data tahun 2012 komoditi yang masuk mencapai 799.747 ton, sedangkan tahun 2013 menjadi 991.533 ton atau naik sekitar 24 persen.

”Data itu cukup tinggi untuk ukuran Lembar,” tegas Edi. (chi/jpnn)


NTB - Realisasi kinerja PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Pelabuhan Lembar mengagumkan. Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III, Edi Priyanto


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News