Rencana Pertamina Akuisisi PTBA Dinilai tak Realistis

Rencana Pertamina Akuisisi PTBA Dinilai tak Realistis
Rencana Pertamina Akuisisi PTBA Dinilai tak Realistis

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat Sektor Pertambangan, Simon Felix Sembiring angkat bicara mengenai rencana PT Pertamina yang hendak mengakuisisi PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Menurutnya, Pertamina tak tepat bila mengakuisisi PTBA. Sebab, kedua perusahaan itu berada dalam sektor yang berbeda. Pertamina di sektor perminyakan, sedangkan PTBA di sektor batubara.

"Buat apa diakuisisi? Apa urusannya Pertamina mengakuisisi PTBA? Kalau bermimpi sih boleh saja tidak ada yang melarang, tapi yang realistis," ujar Simon saat dihubungi, Sabtu (8/2).

Pria yang pernah menjabat sebagai Dirjen Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Minerak (ESDM) ini menambahkan, sangat tidak elok jika Pertamina melontarkan wacana akuisisi PTBA.

Sebab, keduanya merupakan sama-sama BUMN, terlebih kata dia, PTBA merupakan perusahaan yang sehat.‬

‪"Lebih baik Pertamina urus rumah tangganya sendiri, jangan urus rumah tangga perusahaan lain. Mengurus rumah tangganya sendiri saja belum beres malah mau mencampuri rumah tangga perusahaan lain," tuturnya.

Sebelumnya beredar kabar bahwa PT Pertamina akan mencaplok PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Hal itu terlihat dalam salah satu isi dari dokumen 'Pertamina 2025 The Asian Energy Champion 2025' yang beredar di kalangan wartawan pada Rabu (5/2) lalu.

Adapun tujuan Pertamina mencaplok PTBA, agar Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia. Sebagai perusahaan energi, Pertamina tak hanya ingin berbisnis di sektor perminyakan, namun juga merambah ke bisnis energi lain seperti batubara dan listrik. (chi/jpnn)

JAKARTA - Pengamat Sektor Pertambangan, Simon Felix Sembiring angkat bicara mengenai rencana PT Pertamina yang hendak mengakuisisi PT Bukit Asam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News