Mochtar Riady: Ingin Kaya Harus Berkeringat

Mochtar Riady: Ingin Kaya Harus Berkeringat
Mochtar Riady: Ingin Kaya Harus Berkeringat
MALANG  - Taipan asal Malang Mochtar Riady berbagi kisah sukses dengan mahasiswa. Ia berbagi tips sukses di hadapan ratusan mahasiswa dan pendiri Universitas Ma Chung, Malang. Pria yang lahir dibesarkan di Malang itu memaparkan rahasianya menjadi pebisnis sukses seperti sekarang. "Saya lahir di Kota Batu dan dibesarkan di Malang. Tapi nasib saya tidak Malang," seloroh pendiri Grup Lippo yang lahir 12 Mei 1929 ini.

Sontak saja pernyataan Mochtar disambut tawa pengunjung yang berasal dari kalangan mahasiswa, pengusaha, pendiri Universitas Ma Chung, dan pejabat. Mochtar mengatakan, agar sukses di bidangnya masing-masing, setiap orang harus memiliki semangat bekerja keras. "Cari uang itu harus dengan keringat," tutur pria berusia 81 tahun ini.

Ia lantas menceritakan pengalaman pribadinya semasa kecil. Sejak berusia 9 tahun, dia sudah menjadi piatu. Tapi, keinginan untuk menjadi orang kaya juga sudah tertanam sejak kecil. Meski begitu, Mochtar kerap dimarahi ayahnya karena ingin kaya dengan cara instans. "Usia sepuluh tahun, saya beli lotere. Tapi lotere saya dirobek ayah, lalu beliau menasihati. Kata ayah, kalau kamu ingin kaya, harus dengan keringat," tandas Mochtar sambil menirukan perkataan ayahnya waktu itu.

Selain itu, sambung dia, menuju sukses juga bisa dilakukan dengan memaksimalkan perhatian terhadap pendidikan. Makanya, peresmian Dr Mochtar Riady Student Center sebagai rumah kegiatan mahasiswa merupakan bentuk perhatian terhadap pendidikan.

MALANG  - Taipan asal Malang Mochtar Riady berbagi kisah sukses dengan mahasiswa. Ia berbagi tips sukses di hadapan ratusan mahasiswa dan pendiri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News