Modal Dahlan Iskan Kerja Nyata, Bukan Tebar Iklan

Modal Dahlan Iskan Kerja Nyata, Bukan Tebar Iklan
Modal Dahlan Iskan Kerja Nyata, Bukan Tebar Iklan

jpnn.com - JAKARTA – Peneliti Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), Toto Sugiarto, menilai figur Dahlan Iskan paling berpotensi untuk diusung sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Alasannya, dari seluruh peserta konvensi calon Presiden Partai Demokrat, hanya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebutlah yang masuk 10 besar radar bursa calon presiden, sebagaimana terlihat dari hasil survei sejumlah lembaga.

“Beliau satu-satunya tokoh dari Demokrat yang masuk sepuluh besar radar bursa capres. Beliau berpotensi karena adanya perubahan pola pandang masyarakat. Mereka yang sebelumnya memilih karena partai politik, kini memilih berdasarkan figur tokoh yang ada,” ujar Toto dalam diskusi yang digelar Komunitas Jurnalis Peduli Pemilu (KJPP) di Jakarta, Rabu (18/12).

Menurut Toto, masyarakat Indonesia saat ini lebih senang memilih pemimpin yang tampil apa adanya. Namun tentunya tetap harus memiliki kinerja yang baik. Dan itu sangat jelas terlihat dalam keseharian Dahlan.

“Dia pekerja keras, itu sudah terlihat. Karya yang ia lakukan begitu nyata di tengah masyarakat. Dahlan memerbaiki BUMN, dia perlihatkan kalau dirinya beda. Seperti Jokowi (Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo), Dahlan Iskan juga suka dengan pakaian apa adanya dan sepatu kets. Ini merupakan modal besar,” ujarnya.

Karena itu meski memilih perahu Partai Demokrat yang dinilai elektabilitasnya terus menurun, Toto yakin elektabilitas DI akan terus meningkat. Asalkan tetap bekerja apa adanya dan memerhatikan bahwa sekarang bukan saatnya melakukan pendekatan media lini atas, seperti lewat iklan. Tapi harus turun langsung ke komunitas-komunitas masyarakat.

“Contohnya, ada bakal calon presiden yang ramai memasang iklan di televisi, tapi itu tidak naik elektabilitasnya. Karena tidak ada kinerja nyata. Sekarang ini yang paling banyak ke basis pemilih, itulah yang berpengaruh kemungkinan meraih suara terbanyak,” katanya.(gir/jpnn)


JAKARTA – Peneliti Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), Toto Sugiarto, menilai figur Dahlan Iskan paling berpotensi untuk diusung sebagai calon


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News