Moeldoko Ajak Pemuda Jabar Gelorakan Semangat Siliwangi

Moeldoko Ajak Pemuda Jabar Gelorakan Semangat Siliwangi
Mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko bicara dalam seminar nasional 'Membaca Indonesia Membaca Ancaman dan Peluang Masa Depan Indonesia' di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/11). Foto: Ist

jpnn.com, BANDUNG - Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menilai bahwa dunia saat ini memasuki masa revolusi industri ke empat. Bisa terlihat dengan berkembangnya teknologi digitalisasi di berbagai kehidupan masyarakat.

Untuk itu, generasi muda Indonesia harus sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi revolusi industri ke empat. Generasi muda tidak boleh lagi berdiam diri dan terlena dengan perkembangan saat ini agar Indonesia tidak tertinggal oleh negara lain.

"Para generasi muda khususnya di Jawa Barat harus menggelorakan semangat Siliwangi yang merupakan semangat perubahan. Menggelorakan semangat Siliwangi bisa membuat Indonesia bisa melewati revolusi industri ke empat," jelas Moeldoko dalam seminar nasional bertema 'Membaca Indonesia Membaca Ancaman dan Peluang Masa Depan Indonesia' di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/11).

Mantan pangdam Siliwangi itu menjelaskan maksud dari semangat Prabu Siliwangi yakni cinta damai, kuat dan pemberani, patuh pada pimpinan serta penjaga ekositem alam.

Selain itu, generasi muda Indonesia juga harus meneladani sikap toleran Prabu Siliwangi yang memberikan jalan kepada anaknya untuk berkuasa walaupun berbeda agama.

"Dunia ke depan sudah berubah tak seperti yang dipikirkan lagi. Saat ini kaum muda harus menjadi generasi Siliwangi dengan tagline gue Siliwangi, gue pemberani," ujar Moeldoko.

Moeldoko yang saat ini menjabat ketua umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) juga mengingatkan bahwa dalam melakukan perubahan generasi muda perlu keberanian. Adanya keberanian yang akan membuat Indonesia bisa bersaing nanti.

"Kalau saya boleh meminjam bahasa Sunda, anak muda saat ini tidak boleh lagi kumaha engke weelah (kemana saja ikut) lagi. Namun hal itu harus dibalik menjadi engke kumaha weelah," paparnya.

Menurut ketua umum HKTI ini, menggelorakan semangat Siliwangi bisa membuat Indonesia bisa melewati revolusi industri ke empat

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News