Moeldoko Bertemu Dubes Australia untuk Indonesia, Bahas Hal Penting

Moeldoko Bertemu Dubes Australia untuk Indonesia, Bahas Hal Penting
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko bertemu Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (13/1/2021). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko bertemu dengan Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (13/01) kemarin.

Dalam pertemuan keduanya membicarakan banyak hal, antara lain pentingnya kerja sama kedua negara di bidang manajemen kebencanaan terutama di kawasan Pasifik.

“Waktu saya menjabat sebagai Panglima TNI, saya memberikan usulan perlunya kerja sama dalam bentuk latihan bersama dalam konteks disaster,” ujar Moeldoko dalam keterangannya dipublikasikan Sabtu (15/1).

Menurut Panglima TNI periode 2013-2015 ini, kerja sama di bidang manajemen kebencanaan perlu dikembangkan di kawasan Pasifik karena arus lalu lintas yang cukup kuat dan padat.

“Banyak kapal asing yang melintas di perairan ini dan ada di lintas laut yang setiap saat punya potensi bencana. Sayangnya, kerja sama di bidang ini belum sempat dilakukan,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Moeldoko juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Australia atas bantuan di bidang pendidikan, penanganan stunting dan bantuan kesehatan untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

Hubungan bilateral Australia dengan Indonesia telah terjalin sejak awal kemerdekaan Indonesia dan makin diperkuat oleh Kemitraan Strategis Komprehensif 2018.

Dalam bidang pertahanan kedua negara telah melaksanakan Foreign and Defense Ministers’ Meeting (2+2 Dialogue) sejak 2011.

Moeldoko bertemu dengan Duta Besar Australia untuk Indonesia, keduanya membahas hal penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News