Moeldoko Imbau Warga Bantaran Ciliwung Menanam Cabai

Moeldoko Imbau Warga Bantaran Ciliwung Menanam Cabai
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membuka pelatihan pertanian dan perikanan di Graha Wisata Buperta Cibubur, Kamis (22/12). Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengimbau warga yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Ciliwung di daerah DKI Jakarta, Depok, Bogor, dan Tangerang memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk bercocok tanam cabai.

Moeldoko pun menggandeng anak-anak muda dalam Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menggelar pelatihan pertanian dan pembagian benih cabai untuk keluarga yang tinggal di sepanjang Ciliwung di Jakarta.

“Untuk tahap pertama, HKTI akan bantu menyiapkan sekitar 500,000 bibit cabai, saya sendiri menargetkan 1 juta bibit," kata Moeldoko saat membuka pelatihan pertanian dan perikanan di Graha Wisata Buperta Cibubur, Kamis (22/12).

"Di tahap pertama juga akan ada pelatihan bagi anak-anak pramuka tentang proses pembibitan, mengelola tanah, pupuk dan lain sebagainya. Sehingga mereka bisa membantu masyarakat di lapangan," imbuhnya.

HKTI dan Kwarnas Pramuka juga bekerja sama dengan Komunitas Pencinta Ciliwung, terutama di kawasan Depok.

Moeldoko mengatakan penanaman bibit cabai tidak akan dilakukan di bantaran sungai, tetapi di lahan pekarangan rumah warga.

"Ibu-ibu bisa menyebarkan virus kebaikan kepada masyarakat lainnya. Jangan hanya mengeluh harga cabai mahal, bisa ditanam sendiri," katanya.

Menurut Moeldoko menanam cabai di pekarangan rumah juga akan mengurangi pengeluaran.

Moeldoko pun berharap ibu-ibu bisa menyebarkan virus kebaikan kepada warga lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News