Moeldoko: Jangan Hanya Diskusi dan Rapat Saja

Moeldoko: Jangan Hanya Diskusi dan Rapat Saja
Ketua HKTI Moeldoko di sela-sela acara Temu Nasional Pemerhati Kelapa. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal Purn Moeldoko melantik Pengurus Provinsi HKTI Jawa Tengah periode 2018-2023 di Gedung Perdamaian Semarang, Jateng.

Di hadapan pengurus baru HKTI Jateng yang dipimpin Drs Kholiq ini, Moeldoko menegaskan organisasi HKTI harus mampu menjadi solusi bagi petani dan pertanian Indonesia melalui karya-karya nyatanya.

"Kalau Kabinet Presiden Jokowi adalah Kabinet Kerja, HKTI adalah Kabinet Berkarya.... berkarya, berkarya, berkarya," tegas Moeldoko dalam pidatonya.

Moeldoko mengungkapkan, berhubungan dengan petani ini tidak hanya cukup bicara, tapi harus mampu menunjukkan bukti.

Menurutnya, melakukan sesuatu secara nyata dimaksudkan agar HKTI bisa dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh rakyat.

"Jadi jangan hanya diskusi, rapat, seminar, dan lain-lain. Berbuatlah dan mulai dari yang kecil tapi penuh determinasi dan semangat besar. HKTI harus berkarya. Bukan hanya ngomong, tapi buktikan. Mana barangnya, mana buktinya. Karena itu kita buat demplot dimana, setelah demplot bagus baru undang petani," tuturnya.

Pesan lain yang disampaikan Moeldoko adalah HKTI harus memahami pertanian secara luas. Tugas HKTI bukan hanya menggeluti bidang pangan seperti padi, jagung, dan kedele saja.

Namun, juga meliputi hortikultura, perkebunan, tanaman hias, perikanan darat, peternakan, dan sebagainya. Untuk itu, Moeldoko berpesan agar seluruh insan HKTI terjun langsung ke lapangan dan berbuat sesuatu secara nyata. Hal ini selain untuk merasakan langsung kenyataan dunia pertanian di lapangan.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta agar HKTI bisa dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News