Mom, Kenali Tanda-tanda Persalinan Lebih Awal

Mom, Kenali Tanda-tanda Persalinan Lebih Awal
Ibu hamil alias bumil. Foto: Alamy

jpnn.com - Mendekati akhir kehamilan menjadi masa yang cukup menegangkan dan penuh antisipasi bagi ibu hamil yang belum pernah menjalani persalinan.

Banyak ibu hamil yang ingin mengetahui kapan kontraksi asli terjadi, berapa lama persalinan akan berlangsung, hingga bagaimana mengetahui saat persalinan telah tiba.

Apakah yang terjadi selama proses persalinan?

Selama proses persalinan, serviks (mulut rahim) akan membuka secara bertahap. Rahim yang terdiri dari otot, akan berkontraksi dengan interval yang teratur. Ketika rahim berkontraksi, perut akan terasa kencang.

Di antara kontraksi, rahim akan mengalami relaksasi dan terasa lunak. Saat waktu persalinan akan tiba, biasanya bayi akan terus bergerak. Hal ini terjadi hingga akhir proses persalinan.

Waktu persalinan yang akurat sebenarnya tidak BISA diprediksi dengan tepat. Umumnya, persalinan terjadi pada usia kehamilan 37–40 minggu.

Namun, meskipun tubuh ibu hamil mengalami perubahan sejak satu bulan sebelum persalinan dan tanda awal persalinan telah muncul, proses persalinan dapat berjalan beberapa hari hingga minggu kemudian.

Agar bisa mengetahui waktu yang pasti kapan persalinan sudah siap dilakukan, beberapa tanda awal persalinan ini perlu Anda ketahui:

Agar bisa mengetahui waktu yang pasti kapan persalinan sudah siap dilakukan, beberapa tanda awal persalinan ini perlu Anda ketahui.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News