Momen Dahlan Iskan Berlebaran Di Kampung Halaman

Momen Dahlan Iskan Berlebaran Di Kampung Halaman
Momen Dahlan Iskan Berlebaran Di Kampung Halaman

jpnn.com - MADIUN – Menteri BUMN Dahlan Iskan menggelar open house di kampung kelahirannya. Momen silaturahim dengan kerabat dan warga sekitar sangat berkesan bagi Dahlan. Selain menikmati lebaran ala kampung, menteri kelahiran Dusun Kebondalem, Desa Tegalarum, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan tersebut juga memanfaatkan kesempatan untuk bernostalgia di tanah kelahirannya.

‘’Itu kamar saya,’’ tunjuk Dahlan saat berkeliling setelah Salat Id di Pondok Pesantren Sabbilil Muttaqien (PSM) Takeran, Magetan, tempat masa kecilnya dulu saat menimba ilmu agama.

Dahlan Iskan menuturkan, Lebaran kali ini sangat berkesan lantaran dia dapat melepas kangen dengan kerabatnya. Di pondok itu, ingatan masa kecilnya kembali terulang. Dulu, selama di pondok, Dahlan Iskan tak hanya belajar ilmu agama, namun juga belajar mandiri. ‘’Tiap hari kerjaan saya ngepel pendopo seluas ini,’’ ujarnya.

Seusai Slat Id, Dahlan Iskan didampingi sang istri Nafsiah Basri, kedua anak, menantu dan cucu-cucunya berziarah ke makam sang ayah, Mochamad Iskan yang letaknya juga di halaman belakang pondok tersebut. ‘’Kemarin waktu puasa, saya juga sempatkan ziarah ke makam ibu,’’ ujarnya.

Selepas itu, Dahlan Iskan langsung menuju pendapa PSM untuk sungkeman. Yang menarik, Dahlan meunjukkan tradisi sungkeman yang mungkin berbeda dengan keluarga lain. Jika biasanya, para istri sungkem pada suami untuk bermaafan. Hal sebaliknya malah dilakukan keluarga Dahlan Iskan. Secara bergantian, para suami ganti sungkem kepada para istri. ‘’Suami juga punya salah dan dosa pada istri. Setiap tahun tradisinya (sungkeman, Red) seperti ini,’’ jelasnya.  

Setelah sungkeman anggota kelurga, Dahlan Iskan bersilaturahim dengan kerabat dan warga sekitar yang hadir di Ponpes Takeran. Kehadiran Menteri BUMN di Takeran disambut antusias warga. Mereka rela melewati antrean panjang untuk berjabat tangan dengan Menteri BUMN. Dahlan Iskan pun tampak gayeng mengobrol dengan beberapa orang yang datang pagi itu.

Dia sangat senang, lantaran Lebaran kali ini dapat bertemu dengan beberapa kerabat di masa kecilnya dulu. Setiap Lebaran pasti menjadi momen paling spesial bagi Dahlan Iskan. Seperti tahun lalu, Dahlan Iskan menghabiskan hari Lebaran di Baghdad, ziarah ke makam Syeh Abdul Qadir Jaelani. ‘’Kalau Lebaran sekarang, ziarah ke makam orang paling spesial dalam hidup saya. Ibu dan Bapak,’’ tutur suami Nafsiah Basri itu.
 
Setelah open house di Ponpes PSM, mantan Dirut PLN itu langsung bertolak ke tanah kelahirannya di Dusun Kebondalem, Desa Tegalarum, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan. Rombongan keluarga Dahlan Iskan menuju dusun berjarak 6 kilometer dari PSM tersebut. Sesampainya di sana, Dahlan Iskan langsung disambut ramah beberapa tetangga yang hampir semuanya masih kerabat. ‘’Wah, semuanya kumpul,’’ ucapnya semringah.

Mereka langsung berkumpul, bercengkerama dan foto bareng di musala kecil dekat rumah masa kecil Dahlan Iskan. Musala itu tak lain adalah tempat dimana Dahlan belajar mengaji bersama sang ayah. Kemudian, rombongan menuju ke rumah masa kecil Dahlan. Dia juga sempat menunjukkan bekas kamar mandi dan sumur yang hingga kini masih asli bentuknya. Sumur itulah tempat dimana Dahlan kecil membantu sang Ayah mengisi bak mandi dengan menimba sumur. ‘’Ya ini tempat saya mandi dulu,’’ kenangnya.

MADIUN – Menteri BUMN Dahlan Iskan menggelar open house di kampung kelahirannya. Momen silaturahim dengan kerabat dan warga sekitar sangat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News