Moratorium CPNS, Instansi Harus Berani Lakukan Mutasi

Moratorium CPNS, Instansi Harus Berani Lakukan Mutasi
Moratorium CPNS, Instansi Harus Berani Lakukan Mutasi

jpnn.com - JAKARTA - Jika kebijakan moratorium CPNS jadi dilaksanakan pemerintah dengan alasan efisiensi, maka langkah mutasi harus maksimal dilakukan. Menurut anggota Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tasdik Kinanto, kebijakan mutasi PNS sudah lama dirumuskan namun sulit diimplementasikan karena masalah yang terlalu kompleks.

"Mutasi bisa saja dilakukan kalau kita mau dan komitmen. Jujur saja, selama saya menjadi birokrat di KemenPAN-RB sulit mengatur aparatur di seluruh instansi baik pusat dan daerah," kata Tasdik kepada JPNN.com, Selasa (28/10).

Mutasi PNS sulit dilakukan karena masing-masing pejabat pembina kepegawaian (PPK) punya pemikiran berbeda. Kalau ini bisa disatukan dan seluruh PPK sudah sevisi, mutasi akan mudah direalisasikan.

"Susah loh ngatur aparatur, kalau dipaksa mutasi, apa instansinya mau menerima. Yang pegawai pusat belum tentu juga mau dipindahkan ke daerah terpencil misalnya," terangnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Jika kebijakan moratorium CPNS jadi dilaksanakan pemerintah dengan alasan efisiensi, maka langkah mutasi harus maksimal dilakukan. Menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News