Mosi Tidak Percaya Sama Saja DPR Bunuh Demokrasi

Mosi Tidak Percaya Sama Saja DPR Bunuh Demokrasi
Mosi Tidak Percaya Sama Saja DPR Bunuh Demokrasi
JAKARTA - Ancaman beberapa anggota DPR RI yang menggulirkan mosi tidak percaya terhadap Ketua DPR RI Marzuki Alie karena pernyataannya tentang pembubaran KPK dinilai pengamat sebagai langkah bunuh diri institusi DPR. Hal ini dikatakan pengamat Hukum Tata Negara Irman Putra Sidin saat Diskusi Dialektika Demokrasi yang berlangsung di Gedung Nusantara III DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (4/8).

“Bertahun-tahun kita belajar kebebasan pendapat, maka jangan sampai ada perbedaan pendapat kemudian langsung ada reaksi berlebihan. Yang jadi masalah sebenarnya hanya kenapa pak Marzuki yang bicara, dan saya rasa harus dihormati dan lalu kita didiskusikan, jangan sampai anggota DPR takut untuk memberikan pernyataannya,” kata Irman.

Diterangkan Irman, ketika orang menjadi pejabat publik maka haknya sebagai individu akan terkurangi. Namun hal tersebut bukan berarti mengurangi hak untuk menyatakan pendapat dan gagasannya khususnya bagi anggota DPR. “Memang anggota DPR itu kerja ide dan gagasan, bahkan setiap anggota DPR bisa mengajukan RUU. Kalau Ketua DPR mengungkapkan gagasan ya tidak masalah, tugas pokok anggota DPR adalah tugas ide dan gagasan, jangan takut kontroversi, kalau ada gagasan diadili itu akan membuat ketakukan. Ini sama dengan DPR bunuh diri demokrasi dan berarti membunyikan lonceng kematian kebebasan berpendapat,” cetus dia.

Terkait isu pembubaran KPK, Irman menyatakan tidak setuju. Pasalnya, kekuasaan yang ada pada negara cenderung mendekatkan penguasa dalam hal ini pemerintah dengan praktik korupsi. “Saya tidak setuju KPK dibubarkan karena kekuasaan cenderung dekat dengan korupsi yang penting justru evaluasi strategi pemberantasan korupsi. Makanya perlu didorong lembaga seperti Presiden, DPR, DPD, dan MPR untuk mengevaluasi pemberantasan korupsi,” ucapnya.

JAKARTA - Ancaman beberapa anggota DPR RI yang menggulirkan mosi tidak percaya terhadap Ketua DPR RI Marzuki Alie karena pernyataannya tentang pembubaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News