Motlanthe Kandidat Pengganti Mbeki

Motlanthe Kandidat Pengganti Mbeki
Motlanthe Kandidat Pengganti Mbeki
CAPE TOWN – Calon pengganti sementara Presiden Thabo Mbeki yang lengser Minggu (21/09) lalu, terjawab sudah. Ia adalah Kgalema Motlanthe, deputi ketua partai berkuasa, Konggres Nasional Afrika (ANC).

Meski baru sebatas pengajuan, diperkirakan, tak ada aral berarti yang menghalangi Motlanthe duduk sebagai karteker presiden sampai pemilu digelar pada April tahun depan. Pemilihan pengganti Mbeki akan dilakukan Kamis lusa (25/9). Pemimpin ANC Jacob Zuma berada di balik pencalonan Molanthe tersebut.

“Di kabinet ini, kami punya banyak menteri berpengalaman, termasuk deputi presiden ANC Kgalema Motlanthe. Saya yakin, jika diberi kepercayaan, ia pasti bisa melaksanakan’’ ujar Zuma, dalam pernyataan publik pertamanya sejak Mbeki mundur karena permintaan partai ANC kemarin (22/9).

Zuma berjanji bahwa partainya menjamin akan adanya transisi damai dan melanjutkan kebijakan ekonomi walaupun badai krisis politik tengah melanda negara itu. Krisis politik yang mendera negeri tuan rumah Piala Dunia 2010 itu merupakan yang terbesar sejak berakhirnya apartheid pada 1994.

CAPE TOWN – Calon pengganti sementara Presiden Thabo Mbeki yang lengser Minggu (21/09) lalu, terjawab sudah. Ia adalah Kgalema Motlanthe, deputi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News