MotoGP Amerika akan jadi Balapan Penting Buat Suzuki

MotoGP Amerika akan jadi Balapan Penting Buat Suzuki
Rider Suzuki, Alex Rins. Foto: motorsport

jpnn.com, TEXAS - Seri ketiga MotoGP 2018, MotoGP Amerika di Austin, Texas akhir pekan ini bukan cuma soal persaingan para rider. MotoGP Amerika nanti juga bakal menjadi momentum penting bagi Suzuki.

Kabarnya, mereka bakal mengumumkan perpanjangan kontrak untuk salah satu pembalapnya Alex Rins. Selain itu, pabrikan Hamamatsu, Jepang tersebut juga akan menyuplai dua motor tambahan mulai musim depan.

Tim yang bakal menggunakan GSX-RR 1000 adalah Marc Van Der Straten (VDS). Menurut Speedweek, dua mekanik Suzuki sudah mulai datang ke garasi tim asal Belgia itu sejak GP Argentina di Termas de Rio Hondo.

Mereka adalah Diego Gubellini dan Gilles Bigot. Keduanya akan mempersiapkan sisi teknis dari kerjasama kedua tim. Rencananya, kerja sama itu bakal berlangsung tiga tahun, 2019-2021.

Marc VDS sebenarnya punya tiga opsi sebelum memilih Suzuki. Pertama, melanjutkan kerja sama dengan Honda. Sejak turun di kelas MotoGP pada 2015, tim yang juga mengoperasikan skuat di kelas Moto2 tersebut, sudah menggunakan mesin Honda. Tapi mereka kecewa kepada Honda Racing Corporation (HRC) setelah melepas pembalap sekaliber Jack Miller begitu saja ke Pramac-Ducati tanpa ada dukungn sama sekali.

Selain itu, Honda juga tidak menyanggupi menyuplai motor pabrikan seperti yang ditunggangi Cal Curtchlow di LCR saat ini. Padahal Marc VDS berambisi mendatangkan motor pabrikan untuk salah satu bintang mereka Franco Morbidelli. ''Gagalnya mendapatkan motor pabrikan membuat Marc VDS ragu dengan tawaran Honda,'' tulis Speedweek mengutip seorang sumber.

Yang kedua dari Yamaha. Namun menurut Speedweek, tawaran dari pabrikan Iwata, Jepang tersebut adalah yang paling buruk di antara semuanya. Akhirnya, Suzuki menjadi pilihan paling masuk akal. Kabarnya, Suzuki akan memberikan paket motor yang tidak akan jauh spesifikasinya dengan motor pabrikan utama 2019 nanti.

Texas juga menjadi akhir pekan penting bagi Rins. Setelah sukses meraih podium pertamanya di Argentina, pembalap Spanyol tersebut dipastikan mendapatkan perpanjangan kontrak dengan Suzuki. Namun sejauh ini, kontrak Andrea Iannone belum pasti nasibnya. Ada isu Jorge Lorenzo bakal datang menggantikannya. (cak)


Kabarnya, Suzuki akan mengumumkan perpanjangan kontrak pembalapnya di sela MotoGP Amerika.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News