MotoGP: Suzuki Berpotensi Melesat

MotoGP: Suzuki Berpotensi Melesat
Maverick Vinales. Foto: AFP/Mohd Rasfan

jpnn.com - TIM-tim medioker di arena MotoGP punya peluang untuk bisa bersaing ketat dengan skuad papan atas, menyusul perubahan besar-besaran di balapan musim depan.

Pergantian ban Bridgestone ke Michelin sudah mulai menampakkan potensi tersebut. Suzuki, yang memulai kembali debutnya di kelas premium musim ini punya kesempatan untuk maju pesat.

Dengan perubahan tersebut semua tim pabrikan seperti memulai musim balapan dari nol. Honda dan Yamaha merasakan perubahan tersebut. Justru tim seperti Suzuki dan Ducati punya potensi lebih besar karena sudah lebih dulu menggunakan ECU (electronic control unit) standar seperti dipakai tim-tim kelas Open.

Dua hari uji coba di Valencia dua rider Suzuki memilih tetap menggunakan ECU lama dan berfokus pada adaptasi motor menggunakan ban Michelin. Ini strategi bagus karena pada dasarnya ECU baru 2016 merupakan pengembangan dari versi lama. Tentunya lebih canggih karena sama-sama diproduksi dan diperbarui oleh Magneti Marelli.  

Dari Valencia diketahui bahwa rider Suzuki belum menggunakan ECU (Electronic Control Unit) baru versi 2016. Peranti lunak yang akan dipakai untuk musim depan hanya disematkan pada motor dua pembalap ujinya Takuya Tsuda dan Nobuatsu Aoki.

Suzuki akan melakukan uji coba sendiri akhir bulan ini di Sepang, sebelum larangan tes pada musim dingin diberlakukan. Di sanalah rencananya ECU standar 2016 akan dijajal. Dengan memanfaatkan dua hari uji coba di Valencia untuk beradaptasi dan menemukan setingan yang pas untuk motornya, di Sepang nanti pekerjaan mereka lebih ringan. Strategi brilian.

Pada dasarnya Suzuki menggunakan dua pendekatan. Uji coba ban langsung dibebankan pada dua rider utama mereka Maverick Vinales dan Aleix Espargaro di Valencia. Sedangkan untuk setingan ECU diemban dua rider ujinya. Waktu yang lebih panjang dan dengan bantuan test rider sangat memungkinkan Suzuki mengalami kemajuan pesat.

Di Valencia pula mereka belum menurunkan motor baru 2016. Tidak seperti Yamaha dan Honda yang sudah menjajal mesin generasi terbaru mereka. Suzuki baru menurunkan motornya pada uji coba musim dingin di Sepang Februari nanti.  

TIM-tim medioker di arena MotoGP punya peluang untuk bisa bersaing ketat dengan skuad papan atas, menyusul perubahan besar-besaran di balapan musim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News