MotoGP Valencia: Ricardo Tormo Kurang Pas Buat Ducati

MotoGP Valencia: Ricardo Tormo Kurang Pas Buat Ducati
Andrea Dovizioso. Foto: GPOne

jpnn.com, VALENCIA - Sirkuit Ricardo Tormo yang bakal menjadi arena MotoGP Valencia, Minggu (12/11) nanti, biasanya lebih bersahabat untuk motor lincah, yang gampang diajak menikung. Itu bukan Ducati.

Rider Ducati Andrea Dovizioso sadar seri terakhir di Valencia bukan tempat yang tepat baginya untuk bertarung. Jika dilihat secara lay out, gaya balap sang rival Marc Marquez lebih pas.

Ricardo Tormo punya banyak tikungan dengan perubahan arah sangat cepat. Trek yang membutuhkan downforce tinggi. Tak heran jika dalam lima tahun terakhir, Yamaha merebut tiga kemenangan di sana.

Selain itu, lay out sirkuit Ricardo Tormo bersifat anti-clock wise alias berputar melawan arah jarum jam. Dengan begitu, tikungan yang mengarah ke kiri lebih banyak ketimbang ke arah kanan. Ada sembilan tikungan ke kiri berbanding lima ke kanan.

Karakter inilah yang menguntungkan gaya balap Marquez. Di trek yang jumlah tikungan ke kirinya lebih banyak, rider 24 tahun tersebut selalu tampil hebat. GP Amerika Serikat di Austin. GP Spanyol di Aragon, dan GP Australia di Phillip Island, di mana sirkuit berputar melawan arah jarum jam Marquez menang.

Yang lebih mengerikan lagi bagi Dovi adalah rekan satu tim Marquez, Dani Pedrosa adalah rider dengan jumlah juara terbanyak di Valencia. Yakni enam kali di semua kelas. Pedrosa mengenal sangat akrab lintasan ini. Jika Pedrosa juara, selesai sudah harapan Dovi.

Tapi Ducati bersama Dovizioso sudah memenangi enam balapan sepanjang musim ini. Fakta tersebut membuktikan bahwa Desmosedici sudah jauh lebih adaptif di semua jenis trek. Di trek di mana Ducati sama sekali tidak diunggulkan, Dovi malah menang.

Dengan menakar kekuatan lawan, Ducati sebenarnya punya Jorge Lorenzo yang juga menjadi salah satu pembalap tersukses di Valencia setelah Pedrosa. Dia menjuara GP Valencia empat kali di kelas premium. Dua kali beruntun diraihnya di dua musim terakhir. Lorenzo sudah dipastikan akan membantu Dovi untuk menang.

Dengan lebih banyak tikungan ke kiri ketimbang ke kanan, MotoGP Valencia akan menguntungkan buat Marc Marquez.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News