Motor Terganas yang Pernah Dimiliki Royal Enfield (Video)

Motor Terganas yang Pernah Dimiliki Royal Enfield (Video)
Royal Enfield KX1140. Foto: Motorworld by Sheyanov

jpnn.com, RUSIA - Belum banyak yang tahu jika Royal Enfield memiliki sejarah pernah menciptakan sepeda motor dengan mesin berkapasitas besar hingga 1140 cc sekaligus digadang sebagai motor mewah mereka.

Dengan kapasitas mesin besar jenis V-twin tersebut dipadu gearbox 4-percepatan, Royal Enfield yang diberi nama KX1140 lansiran 1938 itu mampu berlari dengan kecepatan hingga 130 kpj, tentu ini sangat impresif pada masanya.

Royal Enfield KX 1140 dahulu terkenal karena pengendaraan yang nyaman dan kemampuan perjalanan jarak jauh.

Dari video yang memperlihatkan hasil pemugaran pada model KX1140, motor penjelajah Royal Enfield yang saat itu masih diproduksi di Inggris dibalut kelir hitam, tangki bahan bakar hijau dan dilapis emas pada panel-panel tertentu. Kelistrikannya menggunakan Magdyno Lucas 6VDC.

KX1140 memiliki suspensi depan tipe girder dan kursi tunggal. Juga roda yang unik bisa dilepas dan diganti (depan-belakang).

Royal Enfield KX1140 telah berhasil direstorasi dan dihadirkan di Motorworld Rusia 2018. Motor penjelajah itu terjual sekitar Rp 1,015 miliar. (mg8/jpnn)


Belum banyak yang tahu jika Royal Enfield memiliki sejarah pernah menciptakan sepeda motor dengan mesin berkapasitas besar 1140 cc.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News