MPR Dorong Kemenkes Segera Laksanakan Keinginan Presiden Soal Vaksin Covid-19

MPR Dorong Kemenkes Segera Laksanakan Keinginan Presiden Soal Vaksin Covid-19
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta supaya program vaksinasi Covid-19 dapat selesai dalam waktu kurang dari satu tahun.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet)  mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera melaksanakan keinginan presiden tersebut sesuai dengan peta jalan program vaksinasi Covid-19 secara menyeluruh.

Selain itu, Bamsoet meminta Kemenkes segera  menentukan timeline yang tepat dalam perencanaan program vaksinasi Covid-19 guna mencapai target sebagaimana yang telah ditetapkan.

"MPR menyarankan agar vaksin dapat diberikan secara cepat, namun juga tepat, sehingga penetapan waktu penggunaan vaksin harus segera ditetapkan dari sekarang," kata Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (6/1).

Ketua ke-20 DPR itu mendorong Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar segera menetapkan izin penggunaan atau edar darurat (Emergency Use of Authorization/EUA) vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia.

"Dikarenakan diperkirakan mulai minggu depan atau sekitar pertengahan Januari 2021, vaksin akan mulai diberikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Dia mendorong pemerintah segera menetapkan standard operasional prosedur (SOP), serta prosedur vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.

"Dari mulai persiapan pelaksanaan vaksinasi seperti pendistribusian vaksin, lokasi pemberian vaksinasi, proses antrean vaksinasi, dan penentuan tahapan prioritas pemberian vaksin Covid-19," ungkapnya.

MPR menyarankan agar vaksin dapat diberikan secara cepat, namun juga tepat, sehingga penetapan waktu penggunaan vaksin harus segera ditetapkan dari sekarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News