MPR Gunakan Keroncong untuk Populerkan Empat Pilar

MPR Gunakan Keroncong untuk Populerkan Empat Pilar
Ketua Umum Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) Sundari Sukoco. Foto: MPR

jpnn.com - JAKARTA - MPR menggunakan berbagai jenis seni untuk mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan. Musik keroncong pun juga jadi salah satu opsi untuk sosialisasi program MPR.

Kini, MPR menggandeng Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) pimpinan Sundari Sukoco. Lembaga negara pimpinan Zulkifli Hasan itu meluncurkan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Melalui Senandung Keroncong Indonesia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/4).  

Zulkifli mengatakan, penggunaan keroncong untuk sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan itu merupakan ide Wakil Ketua MPR Oesman Sapta. Menurutnya, musik keroncong punya kaitan erat dengan sejarah perjuangan di era perang kemerdekaan.

Karenanya Zulkifli langsung setuju ketika Oesman Sapta menyodorkan ide tentang penggunaan keroncong untuk sosialisasi Empat Pilar MPR. “Karena musik keroncong mengandung nilai filosofis, digunakan sebagai senjata dalam perjuangan kemerdekaan dan sebagai penghibur setelah kemerdekaan," katanya.

Lebih lanjut Zulikli memaparkan hasil penelitian Lemhanas tentang generasi Y dan X  yang sangat dekat dengan informasi teknologi (IT). Dari penelitian itu terungkap bahwa generasi X dan Y punya akses informasi tanpa batas.

Menurutnya, generasi dengan akses informasi tanpa batas itu bisa mudah terpengaruh nilai-nilaiasing jika tidak diperkuat dengan wawasan kebangsaan. "Kalau hal itu terus terjadi dikhawatirkan kita akan kehilangan identitas ke-Indonesiaan. Kita lupa budaya Indonesia," katanya.

Sedangkan Sundari menyampaikan apresiasinya atas langkah MPR menggandeng HAMKRI untuk sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Menurutnya, kegiatan itu sangat positif.(adv/ara/JPNN)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News