MPR: Jokowi Mampu Pertahankan Ekonomi Negara

MPR: Jokowi Mampu Pertahankan Ekonomi Negara
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo dianggap mampu menghadapi tantangan ekonomi global yang sempat melesukan kondisi perekonomian Indonesia.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua MPR Mahyudin menanggapi dua tahun usia pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/10) seperti laporan JawaPos.com.

Dia mengakui, beberapa paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan Jokowi, kondisi negara masih bisa dipertahankan. Termasuk di dalamnya dengan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty yang dirasa menutupi kekurangan anggaran negara.

"Sejauh ini Jokowi bisa menghadapi itu (tantangan ekonomi) dan berjalan cukup baik," ujarnya

Namun, menurut Mahyudin, perlu ada peningkatan kinerja. Salah satunya di sektor pertanian. Jokowi perlu berjuang mewujudkan swasembada pangan, terutama daging. Perlu persatuan penuh dari pihak terkait khususnya Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan.

"Harus dorong sentra-sentra peternakan untuk menjamin pasokan daging nasional. Jangan selalu bergantung pada import dari luar," sebutnya.

Tak hanya daging, menurut Mahyudin, impor gula rafinasi juga harus dikurangi. Perbaikan industri perlu dilakukan dengan peningkatan efisiensi produksi.

Dia menyarankan agar Kemenperin mendorong adanya modernisasi alat-alat di pabrik gula. "Terutama di bawah BUMN sehingga produksi gula lebih murah, hingga harga bisa bersaing," sebut politikus Golkar itu.

JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo dianggap mampu menghadapi tantangan ekonomi global yang sempat melesukan kondisi perekonomian Indonesia. Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News