JPNN.com

MPR: Perlu Langkah Kreatif untuk Menggerakkan Ekonomi Rakyat di Masa Pandemi

Jumat, 03 Juli 2020 – 20:37 WIB
MPR: Perlu Langkah Kreatif untuk Menggerakkan Ekonomi Rakyat di Masa Pandemi - JPNN.com
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Perlu langkah kreatif segera untuk menanamkan kesadaran individu dan menggerakkan ekonomi rakyat dalam kenormalan baru di masa pandemi.

“Kesadaran individu perlu ditumbuhkan segera lewat sejumlah kreativitas warga dan pemerintah agar ekonomi rakyat bisa bergerak di masa pandemi Covid-19," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/7).

Peningkatan kesadaran masyarakat, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, bisa dimulai lewat  sosialisasi kreatif di tingkat RT/RW untuk membiasakan warga memakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan. "Bisa lewat peragaan langsung, mengingatkan lewat lagu atau bentuk kreativitas lainnya."

Pendapat Rerie itu menyikapi keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk memperpanjang masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi selama dua pekan ke depan.

Menurut dia, belum tercapainya target PSBB transisi pertama di DKI Jakarta karena belum terbentuknya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Tiga hal itu saja dulu, cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker dijadikan kebiasaan baru warga, lewat sosialisasi dari relawan lingkungan RT/RW bisa melibatkan ibu-ibu PKK atau relawan Jumantik yang bisa masuk ke setiap rumah tangga," ujar Rerie.

Legislator Partai NasDem itu yakin pola sosialisasi dengan berbagai cara yang kreatif dan langsung ke rumah tangga, efektif untuk membangun kesadaran baru dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Tentu saja upaya penanaman kesadaran baru itu perlu diikuti dengan kreativitas setiap pemerintah daerah untuk menyediakan kelengkapan penunjangnya seperti bantuan masker dan fasilitas cuci tangan bila diperlukan."

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri