MPR Undurkan Jadwal Pelantikan Jokowi, Bamsoet Minta Mahasiswa Tak Demo Lagi

MPR Undurkan Jadwal Pelantikan Jokowi, Bamsoet Minta Mahasiswa Tak Demo Lagi
Presiden Joko Widodo saat pidato dalam sidang Tahunan MPR 2019. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkapkan pelantikan Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden - Wakil Presiden RI 2019-2024 tetap akan digelar pada 20 Oktober mendatang. Hanya saja, MPR memutuskan pengunduran jam pelantikan dari pukul 10.00 WIB menjadi 16.00 WIB.

"Saya pastikan (pelantikan Jokowi - Ma’ruf) tanggal 20 Oktober. Kenapa diundur dari jam sepuluh menjadi jam 16, karena kami memberi kesempatan saudara-saudara kita bisa beribadah paginya,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (8/10).

Selain itu, ujar Bambang, MPR tidak ingin mengganggu masyarakat yang akan melaksanakan car free day di jalan-jalan utama ibu kota. Jika pelantikan presiden dan wakil presiden tetap digelar pagi, kata politikus Golkar itu, penutupan jalan akibat car free day akan menyulitkan tamu, termasuk para kepala negara sahabat.

"Jadi kalau pagi maka akan mengganggu masyarakat kita yang olahraga, makanya kami memutuskan dan mengusulkan agar diundur menjadi sore hari," paparnya.

Mantan ketua DPR yang karib disapa Bamsoet itu menuturkan, pelantikan Jokowi sebagai presiden untuk periode kedua merupakan peristiwa yang sangat besar bagi bangsa Indonesia.  Menurutnya, peristiwa ini penting karena akan menjadi titik awal sebuah pemerintahan selama lima tahun ke depan.

"Kalau kemarin-kemarin ada kekurangan-kekurangan,di sinilah kesempatan presiden memperbaikinya di lima tahun ke depan," paparnya.

Bamsoet juga mengajak semua pihak menjaga acara sakral itu agar jauh dari gangguan keamanan dan ketertiban. Alasannya, jika ada gangguan termasuk yang berupa aksi demonstrasi akan mencoreng citra Indonesia di mata internasional. 

"Ini bukan soal Pak Jokowi, ini soal bangsa. Maka saya ingatkan kepada adik-adik mahasiswa yang berniat untuk turun ke jalan saya imbau dan saya mohon dengan amat sangat jangan lakukan itu pada saat pelantikan," imbaunya. 

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkapkan pelantikan Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden - Wakil Presiden RI 2019-2024 tetap akan digelar pada 20 Oktober mendatang, namun waktunya dimundurkan.


Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News