MPTD: Pembangunan BTS Kominfo Akuntabel dan Bikin Masyarakat Puas

MPTD: Pembangunan BTS Kominfo Akuntabel dan Bikin Masyarakat Puas
BTS (Base Transceiver Station) atau stasiun pemancar milik BAKTI Kominfo (Ilustrasi). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, KEPULAUAN SULA - Pembangun base transceiver station atau BTS untuk akses internet oleh Kementerian Kominfo memberikan dampak positif untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan aktivitas dunia pendidikan di daerah.

"Hal ini terbukti dengan laporan hasil audit dari BPKP di banyak daerah," kata Robiawan selaku Koordinator Masyarakat Pemantau Transparansi Daerah (MPTD) dalam siaran persnya, Sabtu (22/10).

Dia menyebut perwakilan BPKP Maluku Utara mengecek pembangunan BTS ke beberapa titik di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).

Dari total 44 lokasi, tim telah mengunjungi beberapa BTS yang sudah beroperasi, antara lain di Desa Waitamua, Desa Pastina, Desa Soamole, dan Desa Waiman.

"Tim juga mengunjungi BTS yang sedang dalam tahap pembangunan di Desa Manaf. Sementara itu, review penyediaan akses dan kapasitas jaringan internet dilakukan dengan mengunjungi tujuh titik layanan,” kata dia.

Robiawan menjelaskan dari hasil pengamatan tim, BTS yang telah beroperasi mampu melayani akses internet pada jaringan 4G VoLTE, bandwith yang disediakan masih relatif kecil namun pengguna sudah dapat melakukan panggilan video.

Dia menyampaikan saat tim melakukan pengumpulan data melalui wawancara kepada pengguna layanan internet.

Khususnya kepada masyarakat sekitar yang sangat bersyukur dengan adanya layanan internet, sehingga dapat membantu anak sekolah mencari referensi pelajaran melalui internet.

MPTD menyebut pembangunan BTS oleh Kementerian Kominfo sangat akuntabel dan membuat puas masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News