MRO Lion Group Merambah Pasar Mancanegara

MRO Lion Group Merambah Pasar Mancanegara
Sejumlah mekanik sedang melakukan pengecekan pesawat Lion Air di Hanggar Lion Air di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (4/7). Lion air terus memperluas hanggarnya. F Cecep Mulyana/Batam Pos

jpnn.com, BATAM - Batam Aero Technic dapat merawat dan memperbaiki sejumlah pesawat type Boeing 737 800/900 er, Airbus 320, Airbus 330 dan ATR 72 500/600.

Batam Aero Technic yang menjadi pusat perbaikan dan perawatan Lion Grup se Indonesia, tak hanya merambah pasar nasional saja. Tapi juga pangsa pasar mancanegara seperti Thailand dan Malaysia.

"Kami memiliki kapabilitas untuk perawatan dan perbaikan pesawat Malindo Air dan Thai Lion Air juga," kata Deputi General Manager MRO (Maintenance, Repair dan Overhaul) Batam Aero Technic, Riki S Suparman, Selasa (4/7).

MRO milik lion grup tersebut, tak hanya mampu melakukan perawatan ringan saja. Tapi juga perawatan berat, untuk pesawat yang sudah memiliki jam terbang cukup lama.

Ke depan, Batam Aero Technic akan membangun pusat perawatan khusus (shop visit) untuk auxiliary power unit (APU), landing gear dan enggine. Riki menjelaskan perawatan di Shop, tak seperti perawatan ringan atau berat.

"Ini lebih spesifik, misalnya enggine, yahh itu saja yang dikerjakan," tuturnya.

Pusat perawatan khusus inilah yang akan dibangun oleh Batam Aero Technic pada Oktober 2017. Dimana direncanakan pada pertengahan tahun 2018, sudah selesai dibangun. Pusat perawatan khusus ini, dapat menyerap sebanyak 400 tenaga kerja yang memiliki keahlian khusus.

"Shop ini dapat menampung setidaknya 6 pesawat. Tapi ini belum final, sekitar segitulah nanti," ucapnya.

Batam Aero Technic dapat merawat dan memperbaiki sejumlah pesawat type Boeing 737 800/900 er, Airbus 320, Airbus 330 dan ATR 72 500/600.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News