MRT Jadi Andalan, tapi Kekumuhan Ada di Mana-Mana

MRT Jadi Andalan, tapi Kekumuhan Ada di Mana-Mana
Salah satu sudut Silicon Valley. Kawasan perusahan IT dan software yang bermasalah dengan genangan air dan perbaikan jalan. Foto: Dhimas Ginanjar/Jawa Pos

Tiongkok, Brasil, dan India termasuk tiga negara yang disebut-sebut akan menjadi negara maju. Pertumbuhan ekonomi mereka rata-rata lebih dari 7 persen per tahun. Tapi, di sisi lain, kemiskinan masih merajalela. Berikut laporan wartawan Jawa Pos ANDRIANTO WAHYUDIONO dan DHIMAS GINANJAR yang saat ini berkeliling India.
 
Bandara bisa jadi salah satu etalase kemajuan sebuah negara. Itulah yang membuat India terus berbenah untuk meningkatkan citranya sebagai negara siap tinggal landas.

Misalnya, yang tampak di Bengaluru International Airport (BIA), Bangalore, sekitar tiga jam penerbangan dari New Delhi. Bandara yang mulai beroperasi pada 2008 itu sangat modern. Arsitekturnya menjiplak bandara-bandara di Eropa.

Gedung dengan dominasi warna hijau dan putih itu terlihat luas serta lapang. Begitu masuk ruang pemeriksaan imigrasi, para tamu asing dilayani di 12 loket. Pelayanannya cepat sehingga tidak sampai terjadi antrean panjang.

Saat keluar dari pintu bandara menuju hotel, tengah malam itu (9/11), kami tidak tahu banyak kondisi di sekitar jalan. Sebab, semua gelap gulita. Jalan-jalan belum dilengkapi penerangan.

Kami baru bisa menyaksikan pemandangan yang sebenarnya ketika melakukan perjalanan darat dari pusat Kota Bangalore ke BIA, Sabtu (14/9) siang. Saat itulah kami bisa melihat betapa India sedang gencar-gencarnya membangun kawasannya. Proyek jalan bebas hambatan ada di mana-mana. Gedung-gedung menjulang dengan arsitektur kontemporer membuat mata kami takjub.

Sekitar 5 kilometer menjelang kawasan BIA, terlihat taman yang asri dan tertata di kanan kiri highway. Jalan raya yang terdiri atas delapan lajur itu terkonsep layaknya jalan-jalan bandara di negara maju. BIA menggantikan bandara lama, Hindustan Airport (HAL), yang beroperasi sejak 1964. BIA berada sekitar 45 km dari pusat Kota Bangalore.

Meski jauh, kini kondisinya lumayan enak. Sebab, ada jalan tol sepanjang 40 km yang aspalnya mulus. Belum selesai semua memang. Karena itu, perjalanan taksi kami berkelok-kelok untuk menghindari proyek jalan yang belum tuntas.

Sekitar 15 km keluar kota, kami banyak menyaksikan tiang-tiang pancang yang berjajar rapi. Pemerintah setempat sedang membangun jalur transportasi masal berupa MRT (mass rapid transit).

Tiongkok, Brasil, dan India termasuk tiga negara yang disebut-sebut akan menjadi negara maju. Pertumbuhan ekonomi mereka rata-rata lebih dari 7 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News