MTF 2017 Bakal Pertemukan Pelaku Industri Pariwisata

MTF 2017 Bakal Pertemukan Pelaku Industri Pariwisata
Patung Suro lan Boyo yang menjadi ikon Kota Surabaya karya Sigit Margono. Foto: Dipta Wahyu/Jawa Pos

jpnn.com - jpnn.com - Surabaya bakal menjadi tuan rumah pameran industri perjalanan dan pariwisata terbesar di Jawa Timur melalui Majapahit Travel Fair (MTF) 2017. Rencananya, MTF 2017 akan digelar pada 13-16 April mendatang di Grand City Convex Surabaya.

Event itu akan menghadirkan para pelaku bisnis travel dan pariwisata di Indonesia maupun mancanegara. Sedikitnya 118 buyers dari 16 negara akan turut berpartisipasi di MTF 2017.

Gelaran MTF 2017 sekaligus untuk menepati janji pada Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang meminta event untuk lebih banyak menjual inbound dengan memperbanyak buyers. Kegiatan utama MTF 2017 adalah tabel-top business meeting atau pertemuan antara penjual dan pembeli dalam industri travel dan pariwisata. Tahun lalu, acara table top business meeting ini sukses besar, dan terealisasi dengan baik.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti mengatakan, MTF setiap tahun sukses memfasilitasi ratusan peserta yang akan menggelar pameran bisnisnya dari dalam dan luar negeri, termasuk dari negara-negara di Asia dan beberapa wilayah di Eropa.

“Pameran ini melibatkan agen-agen perjalanan, hotel, promosi tempat wisata, dan lainnya. Semua akan berkumpul bersama,” ujarnya.

Tahun lalu, buyers yang datang berasal dari 16 negara. Antara lain Malaysia, Singapura, Myanmar, Brunei Darussalam, Thailand, Filiphina, Kamboja, Vietnam, Jepang, Belanda, Italia, India, China, Hongkong, Bangladesh dan Saudi Arabia.

Sementara, seller yang hadir ada 66 industri pariwisata yang terdiri dari 38 industri pariwisata Jatim dan 28 industri pariwisata dari daerah lain seperti Jakarta, Bali, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, NTB, dan Kepulauan Riau. Menurut Esthy, industri di sektor pariwisata memang sedang bertumbuh dan bergairah.

“Semakin lama semakin banyak pebisnis pariwisata yang mengikuti MTF ini. Karena di sinilah pasar riil industri pariwisata,” ujar Esthy. 

Surabaya bakal menjadi tuan rumah pameran industri perjalanan dan pariwisata terbesar di Jawa Timur melalui Majapahit Travel Fair (MTF) 2017. Rencananya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News