Mual saat Hamil Bisa Diatasi

Mual saat Hamil Bisa Diatasi
Mual saat Hamil Bisa Diatasi
HAMPIR sebagian besar wanita hamil pernah mengalami mual atau muntah, terutama pertama kehamilan. Meskipun belum diketahui penyebabnya secara pasti, namun bisa dicegah dengan menjaga asupan makanan dan mengonsumsi suplemen vitamin tertentu.

Hal itu disampaikan Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG (K). "Faktor perubahan hormon, buruknya nutrisi dan rendahnya kadar vitamin B-6 dalam tubuh diduga memiliki kontribusi dalam memicu rasa mual atau muntah pada ibu hamil," ujarnya dalam peluncuran SGM Bunda Presinutri, Jumat (20/4).

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa agar ibu hamil tidak mengalami hiperemesis (muntah), sebelum hamil sebaiknya terlebih dahulu mengonsumsi suplemen vitamin B-6. "Paling gampang minum B kompleks. Misalnya, 3-4 bulan sebelum hamil," tandasnya.

Dia mengungkapkan, ada sekitar 18-22 persen ibu hamil yang sama sekali tidak mengalami mual atau muntah. "Pas kita ukur ternyata kadar B-6 dalam darah lebih dari 222 nanogram. Orang yang mual atau muntah rata-rata kadar B-6 cuma 77 nanogram," ungkapnya.

HAMPIR sebagian besar wanita hamil pernah mengalami mual atau muntah, terutama pertama kehamilan. Meskipun belum diketahui penyebabnya secara pasti,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News