Muara Tawar Dapat Tambahan Gas

Muara Tawar Dapat Tambahan Gas
Muara Tawar Dapat Tambahan Gas
JAKARTA- Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Tawar, Bekasi akan mendapat pasokan gas sebesar 60 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dari PT PGN Tbk pada 15 Agustus 2008.

jpnn.com - Hal ini disampaikan Kepala Satuan Energi Primer PT PLN (Persero) Nasri Sebayang di Jakarta, Rabu, (13/08).

Ia mengatakan, gas yang dialirkan melalui pipa SSWJ (South Sumatera West Java) tersebut akan menambah pasokan ke Muara Tawar yang sebelumnya berasal dari PT Pertamina (Persero) 30 MMSCFD pada Juli 2008.

"Dengan demikian, mulai bulan ini, Muara Tawar akan memakai gas sebesar 90 MMSCFD," katanya. Saat ini, PLTGU Muara Tawar masih menggunakan solar untuk menggerakkan turbinnya.

Menurut Nasri, mulai Nopember 2008, pasokan gas Muara Tawar akan bertambah lagi 140 MMSCFD dari PGN, sehingga totalnya menjadi 230 MMSCFD.

Selanjutnya, pada September 2009, Muara Tawar akan mendapat tambahan pasokan gas lagi sebesar 85 MMSCFD dari Lapangan Jambi Merang, Jambi milik Hess.Total kebutuhan gas Muara Tawar mencapai 330 MMSCFD.

Nasri menjelaskan, kontrak harga gas sebesar 30 MMSCFD dari Pertamina dan 50 MMSCFD dari PGN adalah 4,5 dolar AS per MMBTU. Dengan masing-masing kontrak berjangka waktu selama lima tahun

Sedangkan, kontrak harga gas sebesar 150 MMSCFD dari PGN lainnya sebesar 5,6 dolar AS per MMBTU berjangka waktu tiga tahun.

Kapasitas pembangkit "open cycle"(Sekali pembakaran) PLTGU Muara Tawar mencapai 1.540 MW dari 11 unit pembangkit yang masing-masing berkapasitas 140 MW. Jika, ditambah "combine cycle"(dua kali pembangkaran) maka kapasitas bertambah lagi 210 MW.(wid)

JAKARTA- Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Tawar, Bekasi akan mendapat pasokan gas sebesar 60 juta kaki kubik per hari (MMSCFD)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News