Sabtu, 15 Desember 2018 – 09:37 WIB

Mudik ke Jogja? Nikmati Keindahan 10 Pantai Ini

Senin, 26 Juni 2017 – 05:03 WIB
Mudik ke Jogja? Nikmati Keindahan 10 Pantai Ini - JPNN.COM

Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Foto: Jawa Pos Radar Jogja

jpnn.com, YOGYAKARTA - Berlibur ke Jogja tidak melulu harus ke Malioboro, Prambanan, Kraton atau Ratu Boko. Jika Anda punya waktu lebih di Jogja, cobalah untuk menjelajahi pantai-pantai yang berada di kabupaten Gunung Kidul Banyak sekali pantai di Yogyakarta, bagian Selatan.

Di wilayah Bantul dan Gunungkidul saja, terdapat puluhan pantai. Hampir semuanya memiliki pasir putih serta air yang masih bersih. Pantai-pantai itu juga menjadi tujuan favorite mahasiswa-mahasiswa di Jogja untuk bermalam sambil mendirikan tenda, bercengkrama bersama teman menikmati suasana.

Jika tak menginap di hotel, bisa mencoba homestay yang tersebar di sejumlah Desa Wisata di seantero Jogja.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyebut, secara generik, bulan Puasa itu low seasons bagi wisatawan nusantara. Termasuk juga wisatawan mancanegara yang berasal dari originasi Malaysia, Singapura dan Timur Tengah.

"Rata-rata negara berpenduduk muslim itu memilih di rumah, saat bulan Ramadan," kata Arief Yahya.

Tetapi di H-7 dan H+3, cenderung terkompensasi dengan jumlah besar, peak seasons dan bisa berjualan paket yang laku dengan harga normal. Ada 20 juta orang bergerak dari Jakarta dan Surabaya ke Jateng DIY. "Itulah opportunity pariwisata," kata Menpar Arief.

Kepada destinasi, Arief Yahya mengingatkan agar senantiasa memperhatikan kebersihan, manajemen sampah, keamanan, dan keselamatan di destinasi dan public facilities.

"Jangan mengecewakan wisatawan dengan performance yang tidak bagus, sekarang orang laporan kalau ada ketimpangan itu langsung ke media sosial, dan itu tidak mudah membendungnya," jelas Arief Yahya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar