Mudik Lebaran 2018 tak Harus Lewat Tol

Mudik Lebaran 2018 tak Harus Lewat Tol
Kemacetan di Tol Cipali. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran 2018 dari Jakarta tidak harus melewati jalan tol. Artinya, jalan arteri maupun moda transportasi lain sudah disiapkan untuk menghadapi mudik tahun ini.

Jelang mudik angkutan lebaran, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pastikan jalan arteri non tol dari Jakarta hingga Surabaya dalam kondisi baik. Untuk itu Menhub himbau masyarakat khususnya yang akan mudik tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk menggunakan jalan-jalan arteri non tol.

”Pemudik itu ada dua alternatif menggunakan jalan tol dan menggunakan jalan umum negara (arteri, Red) yang bagus sekali,” kata Budi usai berbicara pada acara Apel Kasatwil Tahun 2018 Polri, Jumat (4/5).

Data Kementerian Perhubungan menyebut pada tahun 2018 akan ada kenaikan jumlah pengguna mobil pribadi sebanyak 3,72 juta mobil atau naik 16,69 persen dibandingkan tahun 2017. Pemudik dengan sepeda motor pada tahun 2018 juga diprediksi mengalami kenaikan sebesar 33,33 persen yaitu sebanyak 8,52 juta sepeda motor.

Selain moda transportasi lainnya, Menhub mengatakan jika pihaknya akan menambah jumlah penerbangan. Mulai dari memberikan ekstra flight, menambah jam operasional bandara, hingga meminta maskapai untuk menggunakan pesawat berbadan lebar.

Hal tersebut sejalan dengan prediksi kenaikan jumlah penumpang tertinggi yang terjadi pada angkutan udara. Tahun ini akan ada kenaikan jumlah penumpang sebesar 8,47atau sekitar 5,75 juta penumpang dari tahun lalu yang mencapai 5,29 juta penumpang.

Sementara itu pada angkutan bus jumlah penumpang juga diprediksi naik. Jika pada 2017 sebanyak 7,95 juta penumpang bus, tahun ini diprediksi mengalami peningkatan 1,76 persen atau 8,09 juta penumpang. Kenaikan jumlah penumpang juga diprediksi akan terjadi pada moda kereta api dimana jumlah penumpang naik 5 persen pada tahun 2018 yaitu 4,63 juta penumpang. ”Untuk bis sudah dilakukan rampcheck,” kata Budi.

Kenaikan jumlah penumpang juga akan terjadi pada moda laut. Pada tahun ini akan ada kenaikan sebesar 2,27 persen atau sekitar 1,77 juta penumpang dari tahun sebelumnya. 1,73 juta penumpang.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, jalan arteri non tol dari Jakarta hingga Surabaya mulus, mudik Lebaran 2018 tidak harus lewat tol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News