Mudik Lebaran, Kereta Buatan Anak Negeri Dioperasikan

Mudik Lebaran, Kereta Buatan Anak Negeri Dioperasikan
Mudik Lebaran, Kereta Buatan Anak Negeri Dioperasikan. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Rangkaian kereta buatan PT Industri Kereta Api (INKA) akan segera dioperasikan. Rencananya dua kereta yang akan dioperasikan mulai pada H-7 lebaran. Saat ini, rangkaian kereta tengah disertifikasi.

"Sedang dalam perbaikan, kalau sudah siap H-7 beroperasi, dari Jawa Timur dan Jawa Tengah," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian, Hermanto Dwiatmoko di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (10/7).

Meski sudah dibeli oleh PT KAI, dua rangkaian kereta tersebut kata Hermanto harus melewati proses sertifikasi terlebih dahulu sebelum dioperasikan.

"Sedang diuji, harus mendapatkan sertifikat karena ada yang diperbaiki dulu. Dalam satu-dua minggu ke depan lah," terangnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memberikan saran agar PT KAI membeli dua kereta buatan PT INKA. Saran itu sebenarnya sudah lama diberikan pada KAI, hanya saja hingga saat ini belum terwujud.

Nantinya kata Dahlan, kereta itu dapat digunakan sebagai kereta tambahan untuk mudik lebaran, seperti permintaan dari Menteri Perekonomian Chairul Tanjung.

"Pak Menko kan minta KAI tambah KA lagi untuk lebaran. Di INKA, ada dua rangkaian KA yang baru, dulu itu pesenan Kemenhub. Tapi saya setuju KAI beli KA tersebut, karena KA sudah siap (membeli kereta buatan PT INKA-red)," terang Dahlan di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (24/6). (chi/jpnn)


JAKARTA - Rangkaian kereta buatan PT Industri Kereta Api (INKA) akan segera dioperasikan. Rencananya dua kereta yang akan dioperasikan mulai pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News