Mudik, Para Sopir Harus Tes Urine Dulu Ya!

Mudik, Para Sopir Harus Tes Urine Dulu Ya!
Terminal bus. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - TULUNGAGUNG--Kepolisian bersama Dishub di Terminal Gayatri, Kabupaten Tulungagung mengharuskan para sopir  bus untuk mengikuti tes urine yang digelar dua jajaran itu. Hal itu untuk meminimalisir kecelakaan selama arus mudik.

Dikhawatirkan, para sopir ada yang mengonsumsi obat terlarang maupun miras sebelum mengendarai kendaraan untuk mudik. Petugas gabungan juga memeriksa kondisi kelayakan armada bus untuk angkutan lebaran.

"Tes urine untuk sopir dan kenek bus ini sengaja dilakukan untuk mengatahui kondisi kesehatan para kru bus. Sekaligus mengantisipasi kecelakaan, terutama bus yang membawa pemudik," ujar Arifiyanto, Kasi Pengawasan Usaha Angkutan Barang, Direktorat Angkutan Multimoda Dirjen Hudbar.

Arifiyanto mengatakan, petugas juga melakukan pemeriksaan kelayakan armada angkutan lebaran. Hasilnya, tim menemukan sejumlah kendaraan yang kurang lengkap, dan satu bus yang tidak layak jalan. Akhirnya bus itu dikandangkan dan tidak boleh beroperasi.

"Kendaraan yang terjaring razia dan tidak layak jalan langsung diberikan peringatan keras dan diwajibkan untuk memperbaiki armada sebelum dioperasikan kembali," kata Ari. (mud/flo/jpnn)

TULUNGAGUNG--Kepolisian bersama Dishub di Terminal Gayatri, Kabupaten Tulungagung mengharuskan para sopir  bus untuk mengikuti tes urine yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News