Muhaimin: 32 Persen Lowongan Kerja Tidak Terisi

Muhaimin: 32 Persen Lowongan Kerja Tidak Terisi
Muhaimin: 32 Persen Lowongan Kerja Tidak Terisi
JAKARTA—Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menyebutkan bahwa sebanyak 32 persen dari jumlah lowongan kerja yang tersedia ternyata tidak dapat terisi pencari kerja. Menurutnya, hal tersebut disebabkan rendahnya tingkat pendidikan serta tidak sesuainya keahlian dan ketrampilan yang dimiliki pencari kerja dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Dikatakan, menurut laporan Informasi Pasar Kerja (IPK) yang diterima Kemenakertrans dari Provinsi dan Kabupaten/Kota, pada tahun 2010  lowongan kerja terdaftar mencapai 2.381.841 orang. Akan tetapi, penempatan tenaga kerja hanya 1.620.221 orang. “Hal ini, lanjut Muhaimin, bisa dikatakan bahwa sebanyak 32 persen lowongan kerja di perusahaan-perusahaan tidak dapat terisi,” ungkap Muhaimin di acara Universitas Indonesia Career & Scholarship Expo XI yang diadakan di  Kampus UI, Depok, Kamis (10/2).

Muhaimin mengatakan, untuk meningkatkan prosentase dan jumlah lowongan kerja yang dapat terisi, pihaknya meminta kepada dinas-dinas Tenaga Kerja dan pengelola pendidikan tinggi/ Universitas untuk mengadakan bursa kerja/job fair secara rutin. “Pelaksanaan bursa kerja sangat dibutuhkan untuk mempertemukan  secara langsung antara pencari kerja lulusan pendidikan/universitas yang sedang mencari pekerjaan dengan perusahaan atau pengguna tenaga kerja,” imbuhnya.

Ditambahkan  Muhaimin, bursa kerja memiliki nilai penting dan strategis untuk mempercepat penempatan tenaga kerja secara praktis, efisien  dan efektif serta membantu pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan. “Bahkan untuk mempermudah pencari kerja, Kemenakertrans pun bekerja sama dengan Dinas-dinas tenaga kerja dan Universitas untuk mengadakan Bursa Kerja Online (BKOL) yang tersambung secara online,” jelasnya.

JAKARTA—Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menyebutkan bahwa sebanyak 32 persen dari jumlah lowongan kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News