Muhaimin Resmikan BLK Internasional

Muhaimin Resmikan BLK Internasional
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar meresmikan BLK bertaraf internasional di Lombok Timur. Foto: Humas Kemenakertrans

jpnn.com - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan pemerintah daerah mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) Internasional yang berbasis pariwisata di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan BLK Lombok Timur diproyeksikan menjadi BLK unggulan dan  pusatpelatihan kerja di bidang pariwisata berskala internasional untuk menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan kompetensi kerja di bidang pariwisata.

“Di BLK internasional ini, kita siapkan program-program pelatihan berbasis kompetensi di bidang pariwisata untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja industri pariwisata di Indonesia “ kata Menakertrans seusai meresmikan BLK Internasional di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Jumat (28/3).

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faisal Zaini, Gubernur Nusa Tenggara Barat(NTB) TGH M Zainul Majdi dan Bupati Lombok Timur H. Ali Bin Dahlan,  Sekjen Kemnakertrans Abdul Wahab Bangkona serta Dirjen Binalattas Khairul Anwar.

Muhaimin mengatakan kesiapan tenaga kerja di sektor pariwisata yang optimal menjadi salah satu aspek penting untuk menghadapi ASEAN Economic Community 2015, dimana setiap negara anggota ASEAN telah sepakat untuk melakukan perdagangan bebas barang dan jasa.

Saat ini tenaga kerja di bidang pariwisata yang dibutuhkan industri pariwisata di dalam dan luar negeri antara lain tenaga kerja bidang perhotelan dan kapal pesiar, juru masak food and beverage, guide wisatawan, sopir, dan ticketing.

Lebih lanjut Muhaimin menambahkan pemerintah terus mendorong BLK-BLK di seluruh indonesia menjadi pusat peningkatan kompetensi kerja masyarakat berbasis kebutuhan lokal dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif di daerah.

“Pelaksanaan pelatihan keterampilan dan kompetensi kerja yang diadakan di BLK  berorientasi pada pasar kerja lokal, nasional, dan internasional sehingga meningkatkan daya saing, serta mengurangi tingkat pengangguran, “kata Muhaimin

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan pemerintah daerah mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) Internasional yang berbasis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News