Muhammad Asichin, Bekas Anak Nakal yang Jadi Penjaga Arsip Nasional

Menjembatani Tuntutan Keterbukaan dengan Keharusan Menjaga Kerahasiaan

Muhammad Asichin, Bekas Anak Nakal yang Jadi Penjaga Arsip Nasional
Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ARNI) Muhammad Asichin. Foto : Arundono W/JPNN
Menjadi Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ARNI) nyaris tak terbayangkan di benak Muhammad Asichin. Sempat dicibir saat memilih jadi pegawai ANRI karena dianggap tidak menjanjikan, ternyata Asichin banyak mendapat pengalaman dan dinamika di instansi yang membesarkannya sebagai abdi negara itu.


Antoni, Jakarta

"SAYA tak sengaja masuk ke Arsip Nasional ini," kata Asichin memulai pembicaraan saat ditemui di kantornya, baru-baru ini. Lulus dari jurusan Ilmu Hukum Tata Negara pada Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tahun 1977, Asichin sebenarnya bisa menekuni profesi lain yang saat itu dianggap lebih menjanjikan. Bahkan ia juga diterima sebagai PNS di beberapa istansi pemerintah sekaligus, seperti di Pemda Jawa Tengah, Departemen Perindustrian, ataupun Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Namun suratan takdir menuntun Asichin ke Arsip Nasional.  "Istri dan mertua saya dulu juga bertanya, apa tidak ada kerjaan lain selain di arsip?" kata Asichin mengenang. Maklum, menjadi PNS di Arsip Nasional saat itu sepertinya dianggap bukan hal yang menjanjikan dari sisi karier.

Bahkan dibanding lembaga pemerintah lainnya, keberadaan ANRI nyaris tak segegap-gempita instansi lainnya. Padahal, di ANRI pula beragam dokumen termasuk tentang sejarah penting tentang perjalanan bangsa disimpan. Ibaratnya, baru-baru ini saja publik tahu dan peduli dengan ANRI. "Kalau pun ada yang tanya ke ANRI, paling-paling nanyain Supersemar (Surat Perintah 11 Maret,red) yang asli sudah ditemukan atau belum," kata Asichin.

Menjadi Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ARNI) nyaris tak terbayangkan di benak Muhammad Asichin. Sempat dicibir saat memilih jadi pegawai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News