Muhammad Pratomo Ambil Alih Peran Pak Ganjar sebagai Gubernur Jateng

Muhammad Pratomo Ambil Alih Peran Pak Ganjar sebagai Gubernur Jateng
Kegiatan Kids Take Over di Hari Anak Sedunia, Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Puluhan anak yang tergabung dalam Forum Anak di Jawa Tengah mengambil alih posisi Gubernur Jawa Tengah, 22 bupati dan 5 wali kota beserta 28 Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak (DP3AKB) Provinsi Jawa Tengah pada peringatan Hari Anak Sedunia, Sabtu (20/11).

Kegiatan Kids Take Over yang dikemas dalam rapat koordinasi virtual ini diinsiasi oleh Forum Anak Jawa Tengah dan disambut baik oleh seluruh kepala daerah serta DP3AKB di Jawa Tengah.

“Ini merupakan upaya kita untuk mendengarkan suara anak secara langsung sehingga kita akan mengerti dan memahami apa yang merasa rasakan dan inginkan”, ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dengan mengusung tema kesehatan mental, anak-anak memainkan peran sebagai pelopor dan pelapor. Mereka berkesempatan untuk bisa mengekspresikan gagasannya dengan berbagai permasalahan yang mereka hadapi sehari-hari.

Misalnya, bagaimana anak merasa terintimidasi di masa pandemi, kondisi kesehatan mental dan perlindungan bagi anak yang kehilangan orang tua/pengasuh utama di masa pandemi, dan pendidikan di masa pandemi yang juga berdampak pada kesehatan mental mereka.

Fasilitator Forum Anak Provinsi Jawa Tengah Christina Ningrum mengatakan tema kesehatan mental dipilih karena melihat situasi pandemi saat ini yang ternyata membawa dampak besar bagi anak-anak.

“Apalagi berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Forum Anak bahwa 77,5% anak mengakui sering terjadi perundungan di dunia online selama masa pandemi ini”, jelas Christina.

Dia menyebut dalam rapat koordinasi ini, yang ingin ditunjukan adalah bagaimana pentingnya memastikan suara anak terus terdengar dan dipertimbangkan terutama dalam isu-isu yang berdampak terhadap hak-hak anak.

Muhammad Pratomo Ambar Bawono (17) yang mengambil alih posisi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tampak fasih memainkan perannya memimpin rapat koordinasi virtual.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News