MUI, Medco dan PT BAV Luncurkan Program Arus Baru Ekonomi Indonesia

MUI, Medco dan PT BAV Luncurkan Program Arus Baru Ekonomi Indonesia
MUI, Medco dan PT BAV meluncurkan Program Arus Baru Ekonomi Indonesia. Foto-foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menyatakan, kesenjangan ekonomi di Indonesia masih harus menjadi perhatian banyak pihak. MUI pun menganggap kesenjangan ekonomi di kalangan umat harus segera diperkecil melalui kerja sama berbagai pihak.

“Bahkan kesenjangan umat ini juga menjadi kepedulian Presiden Joko Widodo. Beliau mengatakan kesenjangan ekonomi ini sudah ada sejak lama dan berkomitmen untuk memperkecilnya, misalnya dengan redistribusi aset dan lain-lain. Kami tentu saja setuju karena pandangannya sama, kesenjangan ekonomi ini harus diperkecil,” kata Ma’ruf Amin kata dalam acara peluncuran program Arus Baru Ekonomi Indonesia Jakarta, Rabu (21/6).

Program Arus Baru Ekonomi Indonesia merupakan program pemberdayaan ekonomi umat yang melibatkan banyak pihak termasuk pondok-pondok pesantren dan berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam. Progam ini diprakarsai oleh Medco Group, BUMN PT. Bahana Artha Ventura (BAV), dan MUI.

MUI, Medco dan PT BAV Luncurkan Program Arus Baru Ekonomi Indonesia

Sebagai tahap awal, sejumlah pondok pesantren, ormas Islam, koperasi, dan UMKM dari empat provinsi di Indonesia dilibatkan dalam program ini. Dua perusahaan inti dan Perusahaan Modal Ventura Daerah yang terafilisasi dengan BAV juga akan ikut dalam penandatanganan kesepakatan itu. Bersama Medco dan MUI, berbagai pihak yang akan terlibat dalam program juga akan melakukan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) untuk beberapa pilot project penguatan ekonomi umat.

Pilot project yang akan diluncurkan dalam Program Arus Baru Ekonomi Indonesia ini di antaranya adalah Program Domba Nasional (Prodombas) yang melibatkan sembilan mitra usaha dan satu perusahaan inti di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Selain itu, turut diresmikan “Program Konco Jagung” di Bojonegoro, Jawa Timur. Dan terakhir adalah “Program Pengasuhan Bisnis” yang melibatkan perusahaan, pondok pesantren, dan Perusahaan Modal Ventura Daerah.

Program Arus Baru Ekonomi Indonesia merupakan wujud nyata kemitraan antara ulama, swasta dan pemerintah untuk pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan umat.

Untuk Prodombas, selain diarahkan sebagai penguatan ekonomi pesantren dan ormas Islam yang dijalankan dengan semangat bergotong royong dan bermanfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan umat, juga bertujuan mendorong pencapaian swasembada daging nasional dan peningkatan angka kecukupan protein hewani masyarakat Indonesia.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menyatakan, kesenjangan ekonomi di Indonesia masih harus menjadi perhatian banyak pihak. MUI pun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News