Pengumuman 1 Ramadan dan 1 Syawal

MUI Menghormati Keputusan Muhammadiyah

MUI Menghormati Keputusan Muhammadiyah
Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghormati keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sudah mengumumkan penetapan 1 Ramadan 1439 H dan 1 Syawal 1439 H. Karena sesuai dengan metode ijtihad yang digunakan yaitu melalui pendekatan hisab (perhitungan bulan).

Penetapan tersebut berkaitan dengan awal dimulainya dan diakhirinya pelaksanaan ibadah puasa Ramadan 1439 H.

“Langkah Muhammadiyah yang sudah mengumumkan awal Bulan Ramadan dan 1 Syawal harus dihormati. Masing-masing punya dalilnya,” ujar Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi, Rabu (14/3).

MUI juga menghormati ormas Islam lainnya yang belum mengumumkan karena menggunakan pendekatan penetapan hilalnya melalui ru'yatul hilal (melihat bulan).

Menurut Zainut, MUI mengharapkan umat Islam untuk tidak menjadikan hal ini menjadi polemik tapi justru harus dijadikan sebagai proses pendewasaan diri dalam menerima perbedaan pendapat.

Untuk diketahui, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada tanggal 17 Mei 2018. Keputusan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.(esy/jpnn)


MUI menghormati keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sudah mengumumkan penetapan 1 Ramadan 1439 H dan 1 Syawal 1439 H.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News