Mulai Antisipasi Dampak Dominasi Jamaah Lansia

Kasus Jamaah Tua Terlantar, Mulai Bikin Ketar-Ketir

Mulai Antisipasi Dampak Dominasi Jamaah Lansia
Mulai Antisipasi Dampak Dominasi Jamaah Lansia
JAKARTA - Dominasi jamaah tua dalam pelaksanaan haji tahun ini mulai membuat panitia lokal di Arab Saudi ketari-ketir. Panitia setempat mulai was-was, diantaranya terhadap potensi banyaknya jamaah lansia yang tersesat.

 

Kekhawatiran ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kerja (Setdaker) Jeddah Nur Alya Fitra kepada tim Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag) Jumat malam waktu setempat atau dini hari kemarin (29/9) waktu Indonesia. "Jamaah haji tua tahun ini memang cukup banyak," ujarnya.

 

Fitra berharap, potensi jamaah haji tua tersesat bisa ditekan dengan sistem baru manajemen pelayanan jamaah haji. "Sistem baru ini adalah pelayanan dalam bentuk pendampingan hingga ke individu," kata dia. Fitra berharap, pengawasan berjenjang hingga tingkat individu ini bisa berjalan dengan baik.

 

Dia menjelaskan jika sistem berjenjang ini dimulai dari satuan kloter (kelompok terbang) yang dipimpin seorang ketua. Tingkat bawahnya lagi ada ketua rombongan, kemudian ada lagi ketua regu yang beranggotakan sepuluh orang jamaah. "Tugas mengawasi jamaah sehingga tidak tersesat ada di pundak ketua regu," jelas Fitra.

 

JAKARTA - Dominasi jamaah tua dalam pelaksanaan haji tahun ini mulai membuat panitia lokal di Arab Saudi ketari-ketir. Panitia setempat mulai was-was,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News