Mulai Berdatangan, Tim Luar Negeri Siap Bertarung

Mulai Berdatangan, Tim Luar Negeri Siap Bertarung
Para peserta saat mengikuti International Tour de Banyuwangi Ijen tahun lalu. FOTO: ist

jpnn.com - BANYUWANGI - International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) siap digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 16 – 19 Oktober 2014. Sejumlah ofisial tim dan pebalap luar negeri sudah mulai hadir di kabupaten berjuluk "The Sunrise of Java" tersebut.

"Beberapa tim dan pebalapnya sudah datang. Para wisatawan dan penggemar balap juga mulai berdatangan. Hotel-hotel hampir semuanya penuh," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Saat ini, kapasitas kamar hotel di Banyuwangi mencapai sekitar 3.000 kamar. Itu belum termasuk home stay yang disewakan penduduk di sekitar destinasi wisata unggulan seperti Pantai Pulau Merah. Jika ditotal semuanya, ada sekitar 5.000 kamar. "Saat ini beberapa hotel baru sedang dibangun, sampai akhir tahun ada penambahan 400-500 kamar. Ini untuk mengiringi lonjakan wisatawan yang datang. Tahun depan, setidaknya Banyuwangi butuh tambahan 1.000 kamar baru," jelas Anas.

Chairman ITdBI Guntur Priambodo mengatakan, tahun ini ITdBI menempuh empat etape dengan total panjang rute sejauh 622 kilometer. "Untuk memperkuat konsep sport tourism, rute yang dilalui para pebalap adalah rute yang sekaligus bisa mempromosikan destinasi wisata. Rute ITdBI tahun ini berdekatan dengan sekitar 20 destinasi wisata antara lain Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Gua Maria, dan agrotourism Kalibendo," beber Guntur yang juga ketua umum Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Timur tersebut.

ITdBI adalah event balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin (calendar of event) Persatuan Balap Sepeda Internasional Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI). Tahun ini, ITdBI akan diikuti para pebalap dari 20 negara, yaitu Perancis, Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Iran, Spanyol, Malaysia, Filipina, Australia, Belanda, Brunei Darussalam, Denmark, Rusia, Uni Emirat Arab, Moldova, Maroko, Argentina, dan Indonesia. "Berarti lengkap ada pebalap dari lima benua hadir di event ini," kata Guntur.

Para pebalap itu tergabung ke dalam 20 tim yang terdiri atas 14 tim luar negeri dan 6 tim dalam negeri. "Dibanding tahun 2013 lalu, tahun ini pesertanya meningkat. Dulu hanya 12 tim internasional dan 6 tim asal Indonesia,” kata Guntur.

Tim continental yang akan berkompetisi di ajang ini di antaranya adalah Aisan Racing Team (Jepang), Tabriz Petrochemical Team, Pishgaman Yazd Cycling Team (Iran), Matrix Powertag (Jepang), Singha Infinite Cycling Team (Thailand), TSR Continental Team (Iran), Pegasus Continental Cycling (Indonesia), dan Team 7 Eleven Road Bike Philippines (Filipina).

Timnas negara lain yang turut bertanding antara lain Malaysia National Team dan Denmark National Team. Adapun tim Indonesia yang akan bertanding antara lain Pegasus Continental Cycling Team, Banyuwangi Road Cycling Club, United Bike Kencana (UBK), Polygon Sweet Nice, CCC Jakarta, dan Pessel Sumatera Barat.

BANYUWANGI - International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) siap digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 16 – 19 Oktober 2014. Sejumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News