Mulai Besok, Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Lakukan Vaksinasi Covid-19

Mulai Besok, Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Lakukan Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi - Anak-anak bermain di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Puring, Jakarta Selatan, Rabu (17/3). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun akan segera dilakukan.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan pelaksanaan vaksinasi ini akan dimulai pada Selasa (14/12).

“Kami harapkan hari Selasa (14/12) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak usia 6 sampai 11 tahun yang totalnya berdasarkan data itu ada 26,8 juta,” kata Maxi, Minggu (12/12).

Saat ini, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) telah memberikan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun.

Maxi mengatakan vaksinasi akan dilakukan secara bertahap.

Vaksinasi tahap pertama akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten atau kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

Kriteria tersebut sudah dimiliki oleh 11 provinsi di Indonesia yaitu Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Vaksin yang akan diberikan kepada anak usia 6 sampai 11 tahun ialah Sinovac. Sebanyak 6,4 juta dosis vaksin Sinovac akan digunakan hingga akhir Desember 2021.

Kemenkes mengungkapkan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun akan segera dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News