Mulai Besok, ASDP Terapkan Pembelian Tiket Ferry Online di Pelabuhan Tanjung Kelian

Mulai Besok, ASDP Terapkan Pembelian Tiket Ferry Online di Pelabuhan Tanjung Kelian
Reservasi tiket ferry secara online melalui aplikasi Ferizy. Foto dok ASDP

jpnn.com, BANGKA BELITUNG - PT ASDP Indonesia Ferry akan resmi menerapkan sistem e-ticketing di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (3/11).

Akselerasi inovasi digitalisasi ini didasari Regulasi Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 25 Tahun 2016 tentang Daftar Penumpang dan Kendaraan Angkutan Penyeberangan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Kewajiban Penumpang Angkutan Penyeberangan Memiliki Tiket, serta Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 19 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Tiket Angkutan Penyeberangan Secara Elektronik.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan transformasi digitalisasi tidak hanya sebagai bentuk kepatuhan hukum ASDP saja, tetapi juga bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah melalui layanan logistik dan tujuan wisata pilihan.

“Sesuai dengan kesepakatan ASDP bersama dengan seluruh mitra penyeberangan, pembenahan tata kelola angkutan penyeberangan berkaitan dengan dukungan kelancaran arus logistik antarwilayah,” jelas Shelvy.

Tak hanya itu, peningkatan akurasi data manifest, manajemen operasional & pelayanan pelabuhan penyeberangan, penertiban praktik liar di sekitar pelabuhan, manajemen keselamatan, optimalisasi fungsi pengawasan penyeberangan, penanganan kendaraan yang membawa barang berbahaya, dan lain sebagainya, dapat diterapkan jika digitalisasi ini sudah dijalankan.

Sistem go show atau pembelian tiket di pelabuhan masih memungkinkan terjadinya penumpukan/antrian di pelabuhan bahkan dapat membuat pelanggan yang sudah datang dari jauh perjalanan kehabisan tiket, sehingga diperlukan langkah percepatan implementasi Ferizy agar pengguna jasa merasa lebih nyaman, aman, dan juga memitigasi potensi penyimpangan yang terjadi di area pelabuhan penyeberangan.

Setelah sebelumnya 17 pelabuhan telah terdigitalisasi, pada November ini, Pelabuhan Tanjung Kalian adalah pelabuhan selanjutnya yang akan menerapkan sistem pembelian tiket melalui reservasi online pada trip.ferizy.com.

“Sejak 2020, ASDP secara konsisten menambah jumlah pelabuhan yang menerapkan ferizy. Data tercatat, hingga akhir Oktober 2022, sudah 17 pelabuhan yang menggunakan e-ticketing, dan November ini akan diterapkan di Pelabuhan Tanjung Kalian,” tuturnya.

Transformasi digitalisasi tidak hanya sebagai bentuk kepatuhan hukum ASDP saja, tetapi juga bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News